Tip Buat yang Sedang Ngantuk Berat Saat Puasa Hari Pertama

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 23 Mar 2023 13:39 WIB

Tidur (Ilustrasi). Power nap adalah tidur selama 20 menit di sela kegiatan untuk mengembalikon stamina. Power nap bisa dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat awal berpuasa. Foto: www.freepik.com. Tidur (Ilustrasi). Power nap adalah tidur selama 20 menit di sela kegiatan untuk mengembalikon stamina. Power nap bisa dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat awal berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pola tidur akan berubah saat bulan puasa. Padahal, tidur sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Karena itu, Anda harus beradaptasi agar tubuh memiliki cukup waktu tidur. Dilansir laman Kementerian Kesehatan pada Kamis (23/3/2023), berikut beberapa tips mengatur pola tidur saat bulan puasa.

Baca Juga

Tidur Lebih Cepat

Mengingat kita bangun lebih cepat dari biasanya, maka sebaiknya majukan waktu tidur malam. Sebagai contoh, jika biasanya tidur pukul 22.00 WIB, maka cobalah untuk mulai tidur satu jam lebih awal.

Mencoba Power Nap

Power nap adalah tidur selama 20 menit di sela kegiatan untuk mengembalikon stamina. Power nap sebaiknya tidak lebih dari 20 menit karena tidur berisiko lebih nyenyak, yang justru menimbulkan rasa lelah.

Perhatikan Lingkungan Tidur

Untuk memastikan kualitas tidur, pastikan kamar dalam kondisi tenang dan minim cahaya. Bila perlu bisa menggunakan earplug (sumbat telinga) atau masker penutup mata untuk memudahkan tubuh tidur dan istirahat.