Hanya Dua Bahan, Ini Resep Kilat untuk Menu Sahur Bergizi

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari

Kamis 23 Mar 2023 12:05 WIB

Daun bayam. Hidangan orak-arik tahu dan bayam ini membutuhkan waktu persiapan dan masak 15 menit saja. Foto: recipes.wikia Daun bayam. Hidangan orak-arik tahu dan bayam ini membutuhkan waktu persiapan dan masak 15 menit saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rentang waktu yang singkat bukanlah penghalang bagi para Muslim untuk bisa memasak menu sahur yang bergizi. Dengan bahan-bahan yang tepat, sajian makan sahur yang bergizi bisa dibuat hanya dalam hitungan menit.

Salah satu menu bergizi yang bisa dibuat dengan sangat mudah untuk sahur adalah orak-arik tahu dan bayam. Seperti namanya, sajian ini hanya membutuhkan dua bahan utama yaitu tahu dan bayam.

Baca Juga

Selain mudah didapatkan, bahan-bahan makanan ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Tahu misalnya, kaya akan kandungan protein dan memiliki semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh, menurut laman Heart, dilansir Kamis (23/3/2023).

Bayam juga dikenal sebagai sayuran yang kaya akan zat gizi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, folat, dan kalium. Selain itu, bayam memiliki kandungan serat yang tinggi.

Dalam berpuasa, asupan protein yang cukup saat sahur bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Asupan serat juga dapat memberikan efek rasa kenyang yang serupa. Oleh karena itu, kombinasi tahu dan bayam saat sahur dapat membantu para Muslim merasa lebih kenyang dan berenergi selama berpuasa.

Hidangan orak-arik tahu dan bayam ini membutuhkan waktu persiapan sekitar 7 menit dan waktu memasak sekitar 8 menit. Jadi, total waktu yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini hanyalah 15 menit saja.

Satu porsi sajian orak-arik tahu dan bayam memiliki 241 kalori, 13 gram lemak, 15 gram karbohidrat, serta 23 gram protein. Berikut ini adalah resep untuk membuat hidangan orak-arik tahu dan bayam yang menggugah selera untuk tiga porsi, seperti dilansir SimplyRecipes.

Bahan orak-arik tahu dan bayam:

1 sdm extra virgin olive oil

1/2 siung bawang bombay

500 gram tahu dengan tekstur yang padat, keringkan

1/2 sdt garam

1/4 sdt lada hitam

1/5 sdt kunyit bubuk

4 cangkir daun bayam

1/4 sdt sari lemon

Cara membuat orak-arik tahu dan bayam:

1. Panaskan wajan di api sedang, masukkan minyak, tambahkan bawang bombay, tumis selama 3-5 menit hingga bawang bombay melembut.

2. Hancurkan tahu dengan tangan, masukkan ke wajan. Selanjutnya, tambahkan garam, lada hitam, dan bubuk kunyit, aduk semua bahan makanan hingga tercampur rata selama 3 menit.

3. Masukkan bayam dan masak selama 1 menit. Setelah itu, tuangkan sari lemon ke dalam wajan. Cicipi terlebih dahulu dan tambahkan ekstra garam atau lada bila dirasa perlu.

Orak-arik tahu dan bayam siap disajikan.