Masjid Istiqlal Mulai Semarakkan Kegiatan Ibadah Ramadhan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 22 Mar 2023 21:06 WIB

Dua pekerja membersihkan area lantai Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (21/3/2023). Pengelola membersihkan Masjid Istiqlal untuk menyambut umat islam yang akan mengikuti kegiatan pada bulan Ramadhan 1444 H seperti tarawih, buka bersama, zikir hingga iktikaf. Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir Dua pekerja membersihkan area lantai Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (21/3/2023). Pengelola membersihkan Masjid Istiqlal untuk menyambut umat islam yang akan mengikuti kegiatan pada bulan Ramadhan 1444 H seperti tarawih, buka bersama, zikir hingga iktikaf.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Panitia Ramadhan Masjid Istiqlal Bukhari mengatakan, Masjid Istiqlal memiliki sejumlah kegiatan dan program guna menyemarakkan ibadah Ramadhan.

"Sebenarnya secara umum program seperti tahun-tahun yang lalu dijalankan dan yang belum pernah dijalankan, akan kami selenggarakan di Ramadhan tahun ini," kata Bukhari saat dihubungi Republika, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga

Adapun program eksisting ibadah Ramadhan di Masjid Istiqlal antara lain shalat tarawih berjamaah, ceramah sebelum tarawih oleh para ulama pakar-pakar agama terbaik nasional, buka puasa bersama dengan sekitar 3.000 orang setiap harinya, ceramah subuh, shalat jamaah lima waktu, dan iktikaf.

Menurut dia, program memfasiltasi iktikaf adalah program yang dimulai tahun lalu dan akan ditingkatkan lagi pada Ramadhan tahun ini.

Yaitu memfasilitasi jamaah yang ingin beriktikaf selama 10 hari terakhir, dengan menyediakan tempat untuk tidur dan menaruh barang-barang jamaah supaya aman.

"Dan kita berikan pelayanan dan juga pembinaan tahsin dan bacaan Alquran dari santri-santri salah satu pesantren di Bogor," ujar dia.

Dia juga menjelaskan bahwa pada kegiatan ibadah Ramadhan di Masjid Istiqlal tahun ini tidak ada aturan pembatasan maupun protokol kesehatan. Namun demikian, dia menekankan bahwa setiap jamaah pada hakikatnya telah memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatannya masing-masing.