Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 22 Mar 2023 15:36 WIB

 Doa Menyambut Bulan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Doa Menyambut Bulan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Bulan Ramadhan dan puasa adalah momentum terbaik untuk membina diri. Untuk menyambut bulan suci ini dibutuhkan pemahaman yang komprehensif, sehingga puasa dan Ramadhan tidak sekadar menjadi rutinitas.

Ramadhan tahun ini sudah di depan mata. Orang-orang yang beriman tentu akan menyambut datangnya bulan suci ini dengan gembira. Namun, jangan lupa juga, umat Islam juga harus membaca doa untuk menyambut datangnya bulan yang mulia ini.

Baca Juga

Dalam buku Ensiklopedi Puasa dijelaskan bahwa Ramadhan adalah bulan bulan kesembilan dalam tahun Qamariah. Ramadhan berasal dari kata ra ma dha yang berarti sangat panas. Sudah menjadi kebiasaan orang-orang Arab kala itu untuk memindahkan suatu istilah ke dalam bahasa mereka yang sesuai dengan keadaan.

Pada bulan kesembilan ini, secara umum suhu di sana sangat panas, sehingga mereka pun menyebutnya sebagai bulan Ramadhan, bulan yang sangat panas suhunya.

Sedangkan menurut Ali ash-Shabuni, bulan tersebut dinamai Ramadhan karena membakar dosa-dosa kaum muslimin dengan amal-amal saleh, sebab seluruh amal pada bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya.

Lalu bagaimana doa untuk menyambut Ramadhan?

Berikut doa menyambut Ramadhan sesuai sunnah yang penuh barokah dan maghfiroh yang dibaca satu hari sebelum bulan Ramadhan:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”