Dzikir Ketika Melihat Hilal

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 22 Mar 2023 14:26 WIB

Dzikir Ketika Melihat Hilal. Foto:   Hilal atau bulan muda (ilustrasi) Foto: viajeislam.wordpress.com Dzikir Ketika Melihat Hilal. Foto: Hilal atau bulan muda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Umat islam akan segera berjumpa dengan bulan yang mulia, bulan suci Ramadhan. Dan hendaknya ketika seseorang melihat hilal, dia membaca dzikir yang telah dicontohkan.

Dikutip dari buku Fikih Puasa untuk Anak oleh Muhammad Abduh Tuasikal, berikut Dzikir yang dibaca ketika melihat hilal,

Baca Juga

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ علَيْنَا بِالْيُمْنِ والإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ والإِسْلامِ، رَبِّي ورَبُّكَ اللَّه

“ALLAHUMMA AHLIL-HU ‘ALAYNAA BIL-YUMNI WAL IIMAANI WAS SALAAMATI WAL ISLAAMI. ROBBII WA ROBBUKALLAH.

Artinya: Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu--wahai bulan sabit--adalah Allah.” (HR. Ahmad, 1:162; Tirmidzi, no. 3451; dan Ad-Darimi)

Adapun Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran dan kitab suci lainnya yang Allah turunkan. Apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Karenanya umat bersemangat melakukan kebaikan di bulan Ramadan, sedangkan maksiat berkurang.

Selain itu, ada malam penuh kemuliaan di bulan Ramadan yaitu lailatul qadar. Ibadah di dalamnya lebih baik daripada ibadah pada seribu bulan lainnya.

Bulan Ramadan juga bulan penuh rahmat, ampunan, dan banyak yang dibebaskan dari neraka. Doa di bulan Ramadan mudah dikabulkan.