Masjid Al Jabbar Bersiap Sambut Jamaah Tarawih Pertama

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 22 Mar 2023 12:36 WIB

Anggota TNI berjaga di area Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (27/2/2023). Masjid Al Jabbar Bersiap Sambut Jamaah Tarawih Pertama Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Anggota TNI berjaga di area Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (27/2/2023). Masjid Al Jabbar Bersiap Sambut Jamaah Tarawih...

Jamaah diminta meluruskan niat datang ke Masjid Al jabbar untuk ibadah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Al Jabbar yang berlokasi di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat bersiap menyambut bulan puasa Ramadhan 1444 Hijriyah. Masjid Al Jabbar siap menyelenggarakan sholat tarawih pertama di bulan Ramadhan.

Pantauan Republika.co.id, sejumlah petugas tengah memasang pagar pembatas di area masuk Masjid Al Jabbar. Pagar besi dipasang agar jamaah tidak mudah masuk dari berbagai tempat namun hanya dari beberapa titik.

Baca Juga

Selain itu, petugas sedang membersihkan area halaman Masjid Al Jabbar. Belasan tempat sampah disiapkan oleh petugas di area Masjid Al Jabbar. Petugas TNI dari Kodim 0618 Bandung dan petugas keamanan menjaga pintu masuk Masjid Al Jabbar.

Pengurus DKM Al Jabbar Ari Mutawali mengatakan keputusan pelaksanaan tarawih pertama di Masjid Al Jabbar masih menunggu sidang isbat yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag). Namun, awal puasa diperkirakan berlangsung Rabu (22/3/2023) malam sehingga dilakukan persiapan.

"Keputusan malam ini atau besok, persiapan tarawih kita menunggu sidang isbat dari Kementerian Agama tapi kemungkinan malam ini dan sudah dilakukan persiapan oleh DKM Masjid Al Jabbar," ujarnya ditemui di Masjid Al Jabbar, Rabu (22/3/2023).

photo
Pengurus DKM Masjid Al Jabbar Ari Mutawali menyampaikan persiapan yang dilakukan jelang bulan puasa Ramadhan dan tarawih pertama, Rabu (22/3/2023) - (Republika/ M Fauzi Ridwan)

Ia mengatakan sejumlah petugas kebersihan dari dinas terkait melakukan bersih-bersih, termasuk menyiapkan tempat sampah jelang tarawih pertama. Pengurus DKM sendiri sudah menyusun agenda Ramadhan dan tarawih.

"Yang pertama untuk persiapan tarawih di Masjid Al Jabbar ini kemungkinan persiapan sudah menyusun struktur jadwal imam, kemudian ada kultum dan kajian-kajian," katanya.

Ari mengatakan masyarakat yang ingin mengadakan kajian di Masjid Al Jabbar dapat mengakses aplikasi Sapa Warga. Mereka dapat mengajukan permohonan untuk mengisi kajian di Masjid Al Jabbar selama Ramadhan.

"Pak gubernur menyampaikan untuk jadwal Ramadhan di Masjid Al Jabbar ada kajian sifatnya bebas. Nanti sesuai prosedur yang disiapkan pemprov berupa aplikasi sehingga masyarakat bisa mengakses aplikasi tersebut dan untuk mengisi kajian di bulan Ramadhan melalui aplikasi tersebut," katanya.

Baca juga: Puasa Aman dan Tetap Sehat Bagi Penderita Diabetes, Ikuti Tipsnya

Melalui biro Kesra Pemprov Jabar, ia mengatakan sudah terdapat permohonan dari masyarakat mengadakan kajian di Masjid Al Jabbar. Ia menambahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil direncanakan datang saat sholat tarawih pertama di Masjid Al Jabbar.

"Pak gubernur akan datang. Imam jadwal hari pertama tarawih KH Dindin," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat yang hendak melaksanakan tarawih menjaga kebersihan serta meluruskan niat datang ke Masjid Al Jabbar untuk ibadah.

Berita Lainnya