Lima Tips Tidur Nyenyak Selama Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 25 Mar 2023 04:35 WIB

Tidur (ilustrasi). Lima Tips Tidur Nyenyak Selama Ramadhan Foto: Pixabay Tidur (ilustrasi). Lima Tips Tidur Nyenyak Selama Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rata-rata, sebagai orang dewasa, kita membutuhkan dua jam tidur di malam hari. Namun, selama Ramadhan, penelitian menunjukkan tidur kita berkurang.

Pakar tidur di Mattress Next Day membagikan pemikiran mereka, dikutip dari laman Metro.co.uk. Berikut tipsnya.

Baca Juga

Lima Tips Tidur Nyenyak Selama Ramadhan

1. Rencanakan rutinitas waktu malam baru untuk mengurangi utang tidur

Sebelum Ramadhan, kita harus membuat jadwal tidur baru dan berusaha menaatinya saat menjalankan bulan suci. Dalam rutinitas baru ini, pastikan kita memiliki jadwal tidur standar.

Meskipun kita tidak bisa tidur tujuh hingga sembilan jam dalam satu waktu kita dapat mencoba tidur semaksimal mungkin setelah berbuka puasa. Pastikan juga mengatur waktu untuk sahur dan makan. Jika memungkinkan, kembali tidur sebelum kita bangun untuk bekerja atau keluarga.

2. Berjemur di pagi hari

Jika kita merasa lelah karena waktu tidur yang larut dan jam bangun yang lebih awal, kita dapat keluar rumah untuk mendapat cahaya pagi. Cahaya alami memiliki efek yang kuat pada ritme sirkadian kita (sinyal kapan harus tidur dan kapan harus waspada). Pergi ke luar ruangan meskipun hanya untuk waktu singkat dapat membantu kita merasa lebih waspada di siang hari.

3. Menjaga asupan makanan

Buka puasa adalah perayaan tetapi beberapa orang memang makan makanan yang memiliki kalori dan gula tinggi. Mengonsumsi jenis makanan ini dapat membuat sistem pencernaan kita kewalahan di malam hari karena tubuh kita berusaha mencerna makanan.

Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat mencoba untuk tidur. Selain itu, makanan manis dapat menyebabkan naik turunnya kadar gula darah. Sehingga melepaskan hormon yang dapat menyebabkan terbangun di malam hari.

4. Pastikan tetap terhidrasi

Meskipun tidak ada banyak penelitian yang menghubungkan lebih banyak air dengan tidur yang lebih baik, hidrasi adalah kunci kesehatan. Dan minum lebih sedikit air dapat menghasilkan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk tidur.

Selama Ramadhan, kita harus menjadwalkan minum air dalam rutinitas tidur yang baru. Siapkan air di dekat kita saat berbuka puasa dan sebelum matahari terbit.

Kita juga dapat menyetel alarm untuk air minum (jadi pastikan kita minum satu gelas setiap jam) atau bahkan coba jadwalkan minum dengan ponsel kita. Jadi jika memeriksa ponsel, pastikan untuk minum air pada waktu yang bersamaan.

5. Tidur siang selama 20 menit

Jika kita bisa, sebaiknya jadwalkan waktu untuk tidur siang. Ini adalah waktu yang cukup untuk merasa segar kembali tanpa mengganggu tidur kita di malam hari.