Zakat Fitrah, Jenis, Kadar, dan Waktu Pembayaran yang Disunnahkan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Senin 17 Apr 2023 05:35 WIB

Petugas amil zakat melayani warga yang membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (29/4/2022). Zakat Fitrah, Jenis, Kadar, dan Waktu Pembayaran yang Disunnahkan Foto:

1

Dalam hadits Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari disebutkan, "Beliau (Rasulullah SAW) memerintahkan agar zakat fitrah ditunaikan sebelum berangkat ke tempat sholat,". Menangguhkannya dari waktu sholat Id hingga sore hari raya hukumnya makruh. Jika lebih dari itu, hukumnya berdosa dan wajib ganti.

Imam Ibnu Qudamah berpendapat, jika zakat fitrah dibayarkan satu atau dua hari sebelum Idul Fitri hal itu bisa dikatakan sah. Ringkasnya, boleh saja mendahulukan pembayaran zakat fitrah satu atau dua hari sebelum Idul Fitri, namun tidak diperkenankan lebih daripada itu.

Ibnu Umar berkata: "Kaanu yujthunaha qablal-fithri biyaumin aw yaumaini,". Yang artinya: "Mereka (para sahabat) dahulu menyerahkan zakat fitrah satu atau dua hari sebelum Idul Fitri.“ Hal ini merupakan hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Abu Daud.

Sebagian ulama Hambali berpendapat boleh menyerahkan zakat fitrah lebih segera. Waktunya setelah pertengahan bulan Ramadhan sebagaimana boleh menyegerakan adzan shubuh atau keluar dari Muzdalifah saat haji, pada tanggal 10 Dzulhijjah setelah wukuf di Arafah, setelah pertengahan malam.

Adapun Imam Abu Hanifah berpendapat, boleh hukumnya menunaikan zakat fitrah dari awal tahun. Karena zakat fitrah pun termasuk zakat, sehingga serupa dengan zakat maal (zakat harta). Sedangkan Imam Syafi'i berpendapat boleh menunaikan zakat fitrah sejak awal bulan Ramadhan sebab adanya zakat fitrah adalah karena puasa dan perayaan Idul Fitri.

Jika salah satu sebab ini ditemukan, maka sah-sah saja jika zakat fitrah disegerakan sebagaimana pula zakat maal boleh ditunaikan setelah kepemilikan nishab. Perintah untuk mencukupi kebutuhan dasar fakir miskin merujuk pada ajaran Nabi Muhammad SAW dengan telah ditunaikannya zakat fitrah di malam atau satu dua hari sebelum Idul Fitri. Itu bermakna wajib dalam kondisi normal. Sebab wajibnya zakat fitrah karena adanya Idul Fitri, maka itulah mengapa zakat fitrah disandarkan pada kata fitri.

Terpopuler