Sajian Seribu Satu Malam di Twelve Jakarta

Red: Indira Rezkisari

Senin 20 Mar 2023 10:12 WIB

Karywan beraktivitas di TWELVE Chinese Dining, Menteng, Jakarta, Jumat (17/3/2023).   Foto: Republika/Prayogi. Karywan beraktivitas di TWELVE Chinese Dining, Menteng, Jakarta, Jumat (17/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bila Anda bosan dengan dominasi menu Timur Tengah untuk berbuka puasa tahun ini bersama keluarga dan kerabat, maka Twelve Jakarta bisa menjadi pilihan di Ramadhan kali ini. Menu seperti bebek peking, steam fish, hingga sup yang dimasak khas Chinese tersaji untuk berbuka puasa di Twelve Jakarta.

Marketing and PR Manager Okuzono Hospitality Group, Rosazefanya, menjelaskan Twelve Jakarta menyediakan dua paket khusus menu Ramadhan. "Seluruh menu tersebut dirancang khusus bagi paket Ramadhan, bebas mirin dan alkohol," terang Rosa.

Baca Juga

Paket Ramadhan dibagi dua dalam tema dongeng seribu satu malam yaitu Jasmine dan Aladdin. Republika berkesempatan mencicipi menu Aladdin yang dibanderol dengan harga Rp 1,388 juta bagi empat orang. Paket menu ini terdiri dari delapan macam termasuk nasi dan takjil.

photo
Salah satu masakan yang menjadi menu spesial untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan di TWELVE Chinese Dining, Menteng, Jakarta, Jumat (17/3/2023). - (Republika/Prayogi.)

Untuk menu pembuka Rosa menerangkan adalah Beef and Coriander Soup. Aroma daun ketumbar sungguh menggoda ketika hidangan pembuka tersaji. Sup kental berisi potongan daging yang empuk ini sangat cocok disajikan sebagai penghangat perut setelah seharian berpuasa.

Kemudian setelah menunaikan ibadah maghrib, sejumlah menu utama menanti dari paket Aladdin ini. Oh ya, Rosa mengatakan Twelve Jakarta miliki ruangan khusus untuk sholat yang bisa menampung hingga lima orang. "Kalau ada grup booking kami akan membuka satu ruang khusus untuk sholat maghrib grup tersebut. Jadi dijamin nyaman soal urusan sholat," kata dia.

Kembali ke menu, Rosa mengatakan paket Aladdin menyajikan enam menu sebagai teman makan nasi. Menu tersebut adalah Crispy Chicken with Barbecue Sauce, Mayonnaise Mixed Fruit with Crispy Prawn, pilihan antara Deep Fried XO Garoupa atau Steamed Hong Kong Style Garoupa, lalu Sauteed Kailan with Chili Shrimp Paste, Yee Xiang Style Eggplant with Beef, dan Five Spice Squid.

photo
Salah satu minuman takjil yang menjadi menu spesial untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan di TWELVE Chinese Dining, Menteng, Jakarta, Jumat (17/3/2023). - (Republika/Prayogi.)

Rosa menerangkan, olahan ikan kerapu atau garoupa adalah menu andalan Twelve Jakarta. "Di sini paling digemari ikan kerapu yang kukus atau masak steam," katanya.

Namun karena kebiasaan makan gorengan masyarakat Indonesia di saat berbuka puasa saat kental, maka Twelve Jakarta menyajikan pilihan menu ikan kerapu yang digoreng. Saus XO racikan Twelve Jakarta juga diracik sendiri di dapur tidak menggunakan saus XO botolan yang tersedia di pasaran.

Ayam tanpa tulang goreng garing di menu Crispy Chicken with Barbecue Sauce juga menggunakan saus racikan sendiri koki di Twelve Jakarta. Meski judulnya barbecue sauce namun cita rasa sausnya ala ketimuran dengan aroma kecap Inggris yang khas makanan Chinese. Rasanya pun menyerupai saus mentega yang lekat dengan lidah Indonesia. Paduan yang sungguh nyaman di lidah.

photo
Sejumlah masakan yang menjadi menu spesial untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan di TWELVE Chinese Dining, Menteng, Jakarta, Jumat (17/3/2023). - (Republika/Prayogi.)

Satu lagi menu yang tidak boleh dilewatkan dari paket Aladdin. Yaitu, Sauteed Kailan with Chili Shrimp Paste. Menu ini unik karena cukup jarang rasanya menemukan kailan yang ditumis dengan belachan atau shrimp paste. Rosa mengatakan, menu ini terinspirasi dari pengaruh sang koki yang berasal dari Malaysia. Renyahnya kailan begitu nikmat berpadu dengan bumbu shrimp paste yang gurih.

Menu Yee Xiang Style Eggplant with Beef juga dipengaruhi dari gaya masak di kampung, tepatnya kampung nelayan di Cina. "Chef menerangkan, di kampung nelayan saat kita berjalan melewati rumah-rumah aroma ibu-ibu memasak terasa di hidung. Mereka biasa menumis masakan dengan cita rasa manis dan asin. Inspirasi tersebut dituangkan di menu Yee Xiang Style Eggplant with Beef," kata Rosa.

Selain paket menu Aladdin, tersedia pula paket Jasmine dengan harga Rp 1,788 juta untuk empat orang. Pilihan menu Jasmine lebih istimewa karena terdapat Roast Duck yaitu menu yang paling digemari di Twelve Jakarta. Menu lainnya adalah Szechuan Stir Fried Prawn, pilihan Deep Fried Chili Bean Garoupa atau Steamed Lemon Chili Garoupa, kemudian Grilled Wagyu MB9 Steak with Barbacue Sauce, Pocai Beancurd with Crabmeat Enoki Sauce, dan Sauteed Green Bean Szechuan Style.

photo
Salah satu minuman yang menjadi menu spesial untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan di TWELVE Chinese Dining, Menteng, Jakarta, Jumat (17/3/2023). - (Republika/Prayogi.)

Pengunjung juga masih bisa memesan tambahan menu di luar paket yang disajikan khusus dalam Ramadan Chef Special. Menu yang tersaji bisa dipilih satuan.

Selain itu tersedia pula beberapa menu minuman khusus Ramadhan dengan harga khusus. Pilihan minuman yang bisa dipilih beragam mulai dari bercita rasa creamy hingga yang menyegarkan.

Rosa mengatakan, Twelve Jakarta menerima pesanan grup hingga maksimal 30 orang dalam satu area yang sama. Twelve juga membuka opsi pemesanan grup hingga lebih dari 30 orang. Dekor khas Ramadhan pun dipikirkan matang di restoran yang berlokasi di Jalan Dr Kusuma Atmaja Menteng, Jakpus, ini. Pengunjung tidak bisa hanya berbuka puasa dan sholat tapi juga dapat menikmati spot foto bertema seribu satu malam yang sangat Instagrammable di Twelve Jakarta.

photo
Karywan beraktivitas di TWELVE Chinese Dining, Menteng, Jakarta, Jumat (17/3/2023). - (Republika/Prayogi.)