Lafadz Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 19 Mar 2023 19:29 WIB

Lafadz Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan. Foto:   Manfaat berpuasa. Ilustrasi Foto: Republika/Thoudy Badai Lafadz Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan. Foto: Manfaat berpuasa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dalam melaksanakan sahur dan berbuka pada Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa dan niat untuk melaksanakannya.

Syekh Abu Bakar Jabir Al Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menjabarkan bacaan niat puasa Ramadhan, “Nawaitu shauma ghadin an adaa-i fardhi syahri Ramadhana hadzihisanati lillahi ta'ala,”.

Baca Juga

Yang artinya, “Saya berniat puasa pada esok hari dalam melaksanakan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta'ala,”.

Adapun lafadz doa berbuka sebagaimana dikutip dari kitab Mukhtashar Shahih Bukhari disebutkan, "Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ala rizqika afthartu birahmatika ya arhamarrahimin,".

Yang artinya, "Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang,".

Selain merupakan kewajiban, nyatanya berpuasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Telah banyak penelitian yang menyimpulkan tentang berbagai macam manfaat puasa. Hampir sebagian besar penelitian tersebut menyebutkan bahwa puasa memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh, termasuk riset atau penelitian-penelitian yang dilakukan dunia barat. 

Agus Rahmadi Dkk dalam buku Hikmah Puasa Perspektif Hadis dan Medis mengatakan bahwa salah satu manfaat puasa yang diungkap oleh riset sains adalah dapat memperpanjang umur. Kesimpulan ini dipahami dari hasil riset Vladimir Nikitin, seorang ilmuwan Rusia. 

Penelitian ini berawal dari hasil pengamatannya terhadap kondisi fisik orang Indonesia. Dia merasa heran mengapa banyak orang Indonesia yang bertubuh gemuk padahal mereka ering melakukan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah.