Polisi Bangka Barat Intensifkan Patroli Objek Vital Jelang Ramadhan

Red: Erdy Nasrul

Ahad 19 Mar 2023 18:16 WIB

Ilustrasi patroli polisi dan pengamanan objek vital. Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM Ilustrasi patroli polisi dan pengamanan objek vital.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA BELITUNG -- Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengintensifkan patroli pengawasan sejumlah objek vital menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Kegiatan patroli yang kita tingkatkan menjelang bulan Ramadhan ini sebagai salah satu antisipasi kemungkinan terjadinya gangguan ketertiban dan keamanan dimana pada masa seperti ini aktivitas masyarakat meningkat," kata Kepala Satuan Samapta Polres Bangka Barat Iptu Diki Zulkarnain di Mentok, Ahad (19/3).

Baca Juga

Menurut dia, personel ditugaskan untuk terus meningkatkan patroli di sejumlah objek vital, seperti perkantoran, perusahaan milik negara maupun swasta, perbankan, pusat perbelanjaan, dan tempat keramaian lainnya.

"Kita juga melakukan pengawasan pengamanan di objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, seperti Pantai Baturakit, Tanjungkalian dan di Pesanggrahan Menumbing," ujarnya.

Dalam patroli tersebut, para petugas selain menjalankan fungsi pengamanan juga menjalin komunikasi dengan para petugas keamanan yang ada di lokasi itu untuk selalu waspada kemungkinan terjadinya tindak pidana.

"Anggota juga memberikan imbauan kepada para penjaga pantai agar tetap waspada terhadap pasang surut air laut karena untuk melindungi wisatawan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Kepada petugas keamanan di objek wisata Pesanggrahan Menumbing, personel menyarankan agar para petugas keamanan selalu melakukan pengecekan patroli rutin guna mengantisipasi pencurian dan tindak pidana lain.

Personel selain menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada petugas keamanan juga memeriksa kamera pemantau (CCTV) untuk memastikan situasi aman dan terkendali.

"Kami berharap masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing agar tetap nyaman dan kondusif, seperti yang berlangsung selama ini," katanya.