Puasa Nabi Adam, Daud dan Maryam Ibu Nabi Isa

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul

 Ahad 19 Mar 2023 16:22 WIB

Jelang Ramadhan 1444 H, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) menggelar buka puasa sunnah di 6 titik dengan total penerima manfaat mencapai 500 santri Tahfidz Qur Foto: dok Laznas BMH Jelang Ramadhan 1444 H, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) menggelar buka puasa sunnah di 6 titik dengan total penerima manfaat mencapai 500 santri Tahfidz...

Puasa Nabi Daud termasuk puasa yang disunnahkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibadah puasa adalah salah satu ibadah yang usianya sangat tua. Diriwayatkan bahwa Nabi Adam Alaihissalam sudah melakukan ibadah puasa sejak diturunkan ke bumi oleh Allah SWT.

Dikisahkan dalam tafsir Ibnu Katsir bahwa Nabi Adam Alaihissalam puasa selama tiga hari setiap bulan sepanjang tahun. Riwayat lain mengatakan bahwa Nabi Adam berpuasa tiap tanggal 10 Muharram sebagai ungkapan syukur karena Allah mengizinkannya bertemu dengan isterinya, Hawa di Arafah.

Baca Juga

"Sementara sebuah pendapat menyebutkan Nabi Adam berpuasa sehari semalam pada saat ia diturunkan dari surga oleh Allah Subhanahu Wa ta'ala," kata Ustaz Firman Arifandi dalam buku Nastar: Nanya-Nanya Seputar Ramadhan yang dipublikasikan Rumah Fiqih Publishing, 2019.

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa umat Islam sekarang mengenal yang namanya puasa Nabi Daud. Puasa Nabi Daud termasuk puasa yang disunnahkan, dalam pelaksanaannya kita berpuasa hari ini, besok kita tidak berpuasa. Kemudian besok lusa berpuasa lagi, dan hari selanjutnya tidak berpuasa, kemudian puasa lagi, terus menerus seperti itu.

Dahulu kala memang telah disyariatkan bagi Nabi Daud puasa sehari dan tidak puasa sehari, terus menerus seperti itu. Bahkan puasa versi Nabi Daud ini dikenal sebagai jenis puasa sunnah yang disukai oleh Allah bagaimana penjelasan dalam hadis ini.

Dari Abdullah bin Amru radhiallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW, "Bersabda sholat sunnah yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat seperti Nabi Daud dan puasa sunnah yang paling dicintai Allah adalah puasa seperti Nabi Daud Alaihissalam, beliau tidur separuh malam lalu sholat sepertiganya dan tidur seperenamnya lagi, beliau puasa sehari dan berbuka sehari." (HR Bukhari)

Sementara, puasa versi Maryam ibu dari Nabi Isa Alaihissalam adalah puasa yang paling berbeda dari yang lainnya. Jenis puasa yang disyariatkan kepada Maryam sekalipun hanya sekali dalam hidupnya dianggap paling unik, yaitu puasa untuk tidak berbicara kepada manusia sebagaimana termaktub dalam Alquran.

فَكُلِى وَٱشْرَبِى وَقَرِّى عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ ٱلْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِىٓ إِنِّى نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ ٱلْيَوْمَ إِنسِيًّا

Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini." (Surat Maryam Ayat 26)

Berita Lainnya