Ahad 19 Mar 2023 15:47 WIB

Doa Makan Sahur Puasa Ramadhan

tidak ada doa khusus yang diajarkan ulama untuk bersahur pada Ramadhan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Ilustrasi berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu. Karena, makan sahur memiliki banyak keutamaan dan dinilai sebagai ibadah yang mengandung berkah. 

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Baca Juga

“Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,’” (HR Ahmad).

Selain akan mendapatkan keberkahan, umat Islam yang bersahur juga akan lebih siap menahan lapar dalam berpuasa. Karena itu, makan sahur sebaiknya dilakukan oleh orang yang akan berpuasa. 

Memang tidak ada doa khusus yang diajarkan ulama untuk bersahur. Namun, umat Islam bisa membaca doa makan yang selalu diajarkan oleh para ulama, yaitu: 

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka".

Agar makan sahurnya lebih berkah, ada juga sebuah doa yang bisa dibaca oleh umat Islam. Doa ini diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani yang mana dibaca Rasulullah SAW ketika bersahur. Dengan membaca doa ini, orang yang bersahur akan mendapat rahmat-Nya.

Berikut doa sahur puasa Ramadhan:

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

"Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi orang-orang yang sahur."

Sedangkan makanan yang baik untuk bersahur adalah kurma, sama seperti halnya ketika akan berbuka puasa. Jadi, meskipun hidangan utamanya adalah nasi, ikan dan sayur-sayuran, jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma. 

Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,’” (HR At-Thabrani).

Bagi yang ingin menunaikan niat puasa Ramadhan saat sahur, jangan lupa juga untuk membaca niat puasa. Niat puasa ini lah yang juga seringkali disebut doa makan sahur, padahal bukan. Berikut ini bacaan niatnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

“Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement