Akhir Pekan Terakhir Sebelum Ramadhan, di Garut Ada Festival Bakso Aci

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 18 Mar 2023 06:42 WIB

Semangkuk bakso aci (ilustrasi). Akhir Pekan Terakhir Sebelum Ramadhan, di Garut Ada Festival Bakso Aci Foto: Republika/MGROL116 Semangkuk bakso aci (ilustrasi). Akhir Pekan Terakhir Sebelum Ramadhan, di Garut Ada Festival Bakso Aci

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Festival Bakso Aci kembali digelar di Alun-Alun Garut pada Jumat (17/3/2023). Kegiatan itu akan digelar hingga Ahad (19/3/2023) agar menjadi pilihan masyarakat munggahan atau berkumpul bersama sebelum memasuki bulan puasa.

Direktur Vortable, pelaksana kegiatan itu, Dhani Omar mengatakan Festival Bakso Aci 2023 sengaja digelar pada pekan terakhir sebelum memasuki Ramadhan. Dengan begitu, masyarakat bisa datang ke festival itu untuk menikmati berbagai pilihan bakso aci khas Kabupaten Garut. 

Baca Juga

"Jadi ini adalah event tahunan, bisa dianggap sebagai event munggahannya orang Garut. Jadi, ke depan orang-orang bukan dari Garut saja, melainkan juga dari luar kota sudah tahu bahwa ketika mau masuk bulan puasa di Garut ada Festival Bakso Aci," kata dia melalui siaran pers, Jumat.

Ia menjelaskan, dalam Festival Bakso Aci 2023, terdapat 60 pelaku usaha yang terlibat. Para pelaku usaha yang terlibat itu disebut telah melalui proses kurasi.

Awalnya ada lebih dari 200 pelaku usaha yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan itu. Namun, panitia harus melakukan seleksi dikarenakan berbagai pertimbangan.

Dalam proses itu, para pendaftar dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu kategori legend, kategori hits, dan kategori new comers. "Legend itu yang sudah dari 1978 sudah berjualan bakso aci, sementara yang hits itu yang mereka sangat terkenal. Kemudian, kategori new comers atau pendatang baru, tapi dari segi rasa itu sangat bagus," kata Dhani.

Menurut dia, pelaksanaan Festival Bakso Aci selalu dihadiri banyak pengunjung, khususnya dalam dua pelaksanaan terakhir. Artinya, penggemar bakso aci khas Garut makin meningkat. 

Di lain sisi, pelaku usaha bakso aci pun makin berkembang. Bakso aci kini tak hanya identik dengan makanan yang dijual secara langsung kepada pembelinya. Lebih dari itu, kini sudah banyak bakso aci dalam bentuk kemasan dan diekspor ke luar negeri.

Ia berharap, festival ini dapat makin mengangkat kuliner dari Garut. Dengan begitu, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Garut dapat terus berkembang.

"Kami juga berterima kasih kepada pemerintah yang terus mendukung kegiatan ini," kata Dhani. 

Camat Garut Kota Teten Sundara mengapresiasi diselenggarakanya Festival Bakso Aci 2023. Menurut dia, berkat adanya kegiatan yang diselenggarakan di Alun-Alun Garut, roda perekonomian di sekitar lokasi itu makin berputar.

"Dengan Alun-Alun Garut digunakan event, penjual sekitar juga jadi makmur. Karena banyak pengunjung," kata dia.

Namun, Teten mengingatkan agar masyarakat di Kecamatan Garut Kota secara khusus sadar wisata. Artinya, masyarakat harus siap menyambut wisatawan sebagai pelayan, alih-alih penguasa wilayah. Dengan begitu, wisatawan yang datang tak akan kapok untuk kembali ke Kabupaten Garut. Ujungnya, perekonomian di Kabupaten Garut dapat meningkat.

Penanggung Jawab Festival Bakso Aci Aceng Hilman Umar Ansory menyampaikan pihaknya akan sangat mendukung penuh terhadap kegiatan masyarakat yang meningkatkan perekonomian. Kekuatan ekonomi Indonesia tak lain berasal dari para pedagang kecil dan masyarakat yang ingin membeli dagangan dari pedagang kecil.

"Karena dengan ekonomi kerakyatan itulah kita bisa bertahan walaupun ada resesi ekonomi global," kata dia.

Aceng menilai Festival Bakso Aci ini merupakan salah satu cara mengangkat perekonomian masyarakat agar semakin naik. Tak hanya itu, festival ini juga secara langsung mempromosikan kuliner khas Garut. 

"Kegiatan yang seperti ini harus terus dilanjutkan, harus terus ditingkatkan," kata dia.