Tradisi Petang Magang Jelang Ramadhan Akan Dilaksanakan Lagi di Pekanbaru

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 17 Mar 2023 22:22 WIB

Tradisi Petang Magang Jelang Ramadhan Akan Dilaksanakan Lagi di Pekanbaru. Foto:   Amal ibadah Ramadhan (Ilustrasi) Foto: Dok Republika Tradisi Petang Magang Jelang Ramadhan Akan Dilaksanakan Lagi di Pekanbaru. Foto: Amal ibadah Ramadhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU--Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru akan menggelar lagi tradisi Petang Megang untuk menyambut bulan puasa Ramadhan 1444 H. Event budaya ini akan kembali digelar setelah adanya kebijakan pemerintah mencabut PPKM.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mengatakan Petang Megang  sempat ditiadakan sejak beberapa tahun terakhir lantaran pandemi covid-19.

Baca Juga

Pemko Pekanbaru merencanakan petang megang dilaksanakan sehari sebelum puasa.

"Insya Allah tahun ini agenda petang megang akan kembali kita laksanakan. Menurut rencana dan hasil rapat, kegiatan dilaksanakan H-1 puasa," kata Indra Pomi Nasution belum lama ini.

Kegiatan Petang Megang nantinya akan dipusatkan di pinggiran Sungai Siak, Kecamatan Senapelan. Sementara pusat kegiatan tetap di pinggiran sungai Siak.

Kegiatan tersebut seperti ziarah ke makam Marhum Pekan (pendiri Kota Pekanbaru), kemudian Shalat Ashar di Masjid Raya Senapelan, setelah itu bergerak ke Rumah Singgah Tuan Kadi yang berada di pinggiran sungai Siak.

Nanti di situ akan ada serangkaian acara seperti memandikan anak-anak yatim dan lain sebagainya.

"Kita mengingatkan agar persiapan berlangsung matang, jangan sampai terjadi insiden. Jadi nanti kita harus melakukan langkah-langkah antisipasi, tentu bersama pihak terkait untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Indra.