Hukum Ziarah Kubur ke Makam Non Muslim

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 18 Mar 2023 05:51 WIB

Hukum Ziarah Kubur ke Makam Non Muslim. Foto ilustrasi:   Warga Pangkalpinang melakukan ziarah kubur sebelum menggelar tradisi sedekah ruwahan (ilustrasi) Foto: Republika/Raisan Al Farisi Hukum Ziarah Kubur ke Makam Non Muslim. Foto ilustrasi: Warga Pangkalpinang melakukan ziarah kubur sebelum menggelar tradisi sedekah ruwahan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ziarah kubur menjadi kebiasaan muslim Indonesia menjelang puasa Ramadhan. Mereka biasa berziarah makam orang tua, guru atau ulama yang meninggal dunia dan dihormati.

Mengutip buku A-Z Ziarah Kubur dalam Islam tulisan Firman Arifandi menjelaskan sangat memungkinkan sekali bagi seorang muslim memiliki saudara, kerabat, atau sahabat dari kalangan non-muslim. Jika seorang muslim memiliki kerabat kafir yang meninggal bolehkan berziarah ke kuburnya.

Baca Juga

Secara garis besar mayoritas para ulama membolehkan hal tersebut dengan berlandaskan kepada dalil berikut,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ زَارَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم قَبْرَ أُمِّهِ فَبَكَى وَأَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ فَقَالَ إِسْتَأْذَنْتُ رَبِّي فِي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَمَا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ فِي أَنْ أَزُوْرَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِي فَزُوْرُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكَّرُ الْمَوْتَ. (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah berkata: "Nabi shallallahu'alaihi wasallam berziarah ke makam ibunya, lalu beliau menangis dan membuat orang-orang di sekitar beliau juga menangis. Lalu beliau bersabda: "Aku meminta izin kepada Tuhanku untuk memohonkan ampunan bagi ibuku, tetapi Tuhan tidak memberiku izin. Dan aku meminta izin untuk berziarah ke makamnya, lalu aku diberi izin. Lakukanlah ziarah kubur, karena demikian itu dapat mengingatkan pada kematian. (HR. Muslim)

Dari hadist ini, imam An Nawawi menjelaskan kebolehan ziarah ke kubur orang-orang yang kafir. Mahzab Hambali menekankan kebolehannya dengan syarat tidak boleh memberikan salam dan tidak boleh beristighfar untuk orang kafir yang meninggal dunia.