Ramadhan, Polres Sukabumi Targetkan Bebas dari Motor Knalpot Brong

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 16 Mar 2023 22:20 WIB

Ramadhan, Polres Sukabumi Targetkan Bebas dari Motor Knalpot Brong. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: Dok Republika Ramadhan, Polres Sukabumi Targetkan Bebas dari Motor Knalpot Brong. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Polres Sukabumi menargetkan pada bulan Ramadhan di Sukabumi bebas dari keberadaan sepeda motor dengan knalpot brong. Hal ini dalam rangka memberikan kenyamanan kepada warga yang tengah menjalankan ibadah.

''Semua jajaran baik Polres maupun Polsek agar menindak keberadaan sepeda motor yang menggunakan knalpot brong karena sangat meresahkan masyarakat,'' ujar Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, Rabu (15/3/2023). Terutama menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah yang tinggal hitungan hari.

Baca Juga

Targetnya terang Maruly, sebelum datang bulan suci Ramadhan, wilayah Sukabumi bersih dari keberadaan knalpot brong. Sehingga ia telah memerintahkan Kasat Lantas, Kasat Samapta dan seluruh Kapolsek jajaran untuk melaksanakan razia knalpot brong.

Upaya ini lanjut Maruly dibarengi dengan melakukan imbauan secara masif kepada masyarakat agar tidak menggunakan knalpot brong pada kendaraan sepeda motornya." Saya ingin masyarakat dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan suci mendatang dengan khusuk dan tenang tanpa terganggu dengan suara bising dari suara knalpot brong,'' cetus dia.

Maruly menuturkan, banyak hal negatif apabila keberadaan knalpot brong dibiarkan tanpa penindakan. Dari mulai tawuran, aksi geng motor, kebut-kebutan di jalan yang sangat membahayakan keselamatan pengendaranya juga orang lain.

'' Yang utama adalah mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat,'' kata Maruly. Intinya polres mengimbau kepada mereka yang masih menggunakan knalpot brong pada kendaraannya silahkan dicopot sendiri, atau petugas yang akan mencopotnya.