Harga Telur Ayam Ras di Jember Naik Jadi Rp 30 Ribu Jelang Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Rabu 15 Mar 2023 14:27 WIB

Pemasok mengirim telur ayam negeri ke pedagang di pasar. Harga Telur Ayam Ras di Jember Naik Jadi Rp 30 Ribu Jelang Ramadhan Foto: Republika/Wihdan Hidayat Pemasok mengirim telur ayam negeri ke pedagang di pasar. Harga Telur Ayam Ras di Jember Naik Jadi Rp 30 Ribu Jelang Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember, Jawa Timur, naik menjelang bulan Ramadhan 1444 Hijriyah hingga menembus Rp 30 ribu di tingkat konsumen.

"Kebutuhan akan komoditas telur tersebut meningkat menjelang Ramadhan karena banyak warga yang membuat kue kering, sedangkan pasokan dari sentra ayam petelur berkurang," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional dan toko kelontong di kawasan kota pada Rabu ini berkisar Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram, padahal sebelumnya harganya berkisar Rp 25 ribu hingga Rp 27 ribu per kilogram.

"Berdasarkan pantauan petugas di sejumlah pasar tradisional, harga telur ayam ras hari ini mengalami kenaikan dibandingkan pada Selasa (14/3/2023) dengan kenaikan kisaran Rp 500 hingga Rp 1.500 per kilogram," tuturnya.

Harga telur ayam ras di Pasar Kreyongan dari Rp 27.500 pada Selasa (14/3/2023) kini naik menjadi Rp 29 ribu per kilogram, kemudian di Pasar Tegalbesar juga mengalami kenaikan dari Rp 27 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilogram, dan di Pasar Mangli terpantau dari Rp 27 ribu menjadi Rp 28.500 per kilogram.

"Beberapa pekan lalu harga telur sempat turun menjadi Rp 24 ribu per kilogram, namun kini harganya naik lagi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan," katanya.

Ia menjelaskan Disperindag Jember menggelar operasi pasar secara rutin di beberapa pasar tradisional, sehingga pihaknya akan mengupayakan juga menyediakan komoditas telur ayam ras dalam operasi pasar tersebut.

"Kami berharap harga telur ayam ras dapat turun perlahan-lahan dengan dilakukan operasi pasar yang menjual telur ayam ras, sehingga dapat mengurangi beban masyarakat terkait kenaikan sembako jelang Ramadhan," ujarnya.

Kenaikan harga telur yang terus meroket di Jember tersebut juga dipicu permintaan komoditas pangan itu seiring bantuan sosial (bansos) telur yang diberikan kepada penerima bansos.

Harga beras di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan rata-rata Rp 200 hingga Rp 500 per kilogram seperti di Pasar Tanjung terpantau harga beras premium naik dari Rp 11.800 menjadi Rp 12 ribu per kilogram, sedangkan beras medium naik dari Rp 8.800 menjadi Rp 9.200 per kilogram.

"Pemkab Jember akan menggelar pasar murah selama bulan Ramadhan 1444 Hijriyah untuk mengendalikan harga komoditas bahan pokok dan memastikan persediaan bahan pokok cukup aman hingga Lebaran, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," katanya.