Sambut Ramadan, LAZISNU dan Alfamart Salurkan Paket Sembako untuk Dhuafa

Red: Agung Sasongko

Selasa 14 Mar 2023 18:50 WIB

LAZISNU PBNU bersama PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) kembali menyalurkan bantuan kepada  dhuafa Foto: dok Lazisnu LAZISNU PBNU bersama PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) kembali menyalurkan bantuan kepada dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Menjelang bulan Ramadan 1444 H, LAZISNU PBNU bersama PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat, khususnya kepada warga duafa yang berada di wilayah Jabodetabek. Secara simbolis penyerahan bantuan berupa paket Sembako dilakukan di Sekretariat RW 08 Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (13/03/2023).

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU Qohari Cholil mengatakan bantuan tersebut merupakan program rutin menjelang bulan Ramadan.

Baca Juga

“Ini merupakan program reguler dari NU Care-LAZISNU PBNU menjelang Ramadan, yang pada kesempatan ini bekerja sama dengan Alfamart dan Baznas. Kami menyalurkan bantuan di wilayah Jabodetabek, sebanyak 600 paket Sembako. Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat membantu keluarga duafa dalam menyambut bulan Ramadan,” ucap Qohari.

Penanggung jawab program kerja sama NU Care-LAZISNU PBNU dan Alfamart, Anik Rifqoh menjelaskan bahwa bantuan 600 paket Sembako diterima oleh 600 KK atau total 3.000 jiwa warga duafa.

“Kami bersama Alfamart memberikan 600 paket Sembako berupa beras 5 kilogram, minyak goreng, susu, tepung terigu, gula putih, teh, kecap kepada 600 KK atau total 3.000 warga duafa di wilayah Kota Bekasi, Kota Tangerang, Cibubur Jakarta Timur, Kota Depok, daerah Sentul Kabupaten Bogor, dan Kelurahan Matraman ini di Jakarta Pusat,” papar Anik.

Program tersebut, sambungnya, merupakan Program Donasi Konsumen Alfamart, yang pada periode September-Oktober 2022 terhimpun dana Rp2,1 miliar.

“Ini (bantuan) merupakan bagian dari penyaluran dana atau donasi uang kembalian konsumen Alfamart periode September sampai Oktober 2022 senilai total 2,1 miliar rupiah,” jelasnya.

Ia melanjutkan, selain bantuan Sembako, penghimpunan donasi tersebut juga ditasarufkan untuk bantuan pendidikan, bantuan renovasi masjid dan mushola, bantuan kesehatan, warteg gratis, khitanan massal, bentuk bantuan lainnya.

“Donasi konsumen Alfamart juga oleh LAZISNU dikelola dan disalurkan untuk kegiatan khitanan massal dan literasi digital pada momentum perayaan puncak 1 Abad NU di Sidoarjo. Juga beberapa program bantuan lain, seperti bantuan tanggap darurat dan pemulihan NU Peduli Gempa Cianjur, yaitu hunian sementara, MCK, sumur bor, masjid dan mushola darurat, serta bantuan psikososial untuk anak-anak penyintas gempa Cianjur,” terang Anik.

“Juga disalurkan dalam program Warteg Gratis, Bantuan Ekonomi Difabel, Renovasi Sekolah dan Madrasah, Santunan Pendidikan, Program Ternak Binaan LAZISNU, dan beberapa program lain yang menjadi program LAZISNU di bidang Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Lingkungan Hidup, Dakwah dan Kemanusiaan,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan penerima manfaat, Khalid Januar menyambut baik bantuan yang diberikan oleh LAZISNU dan Alfamart. Menurutnya, bantuan tersebut berdampak baik untuk wargat sekitar.

“Harapan saya, ini (bantuan) tidak bosan-bosan, karena sedikit bantuan ini merupakan pencerahan bagi warga, sehingga keluarganya bisa makan dan mendapat keberkahan yang lain,” ujar Khalid yang juga Ketua RT 08 Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.