Makan Kurma Saja Cukup, Berbuka Puasa tak Perlu dengan Minuman Manis

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 14 Mar 2023 19:30 WIB

Seorang pedagang menjual kurma menjelang bulan suci Ramadhan di Peshawar, Pakistan, 30 Maret 2022. Banyak Muslim mengikuti ajaran Nabi Muhammad (SAW) dan berbuka puasa dengan memakan kurma. Foto: EPA-EFE/BILAWAL ARBAB Seorang pedagang menjual kurma menjelang bulan suci Ramadhan di Peshawar, Pakistan, 30 Maret 2022. Banyak Muslim mengikuti ajaran Nabi Muhammad (SAW) dan berbuka puasa dengan memakan kurma.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Muslim di Indonesia sudah terbiasa dengan tradisi berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang manis. Tak heran jika aneka hidangan manis tersedia di meja makan, mulai dari kurma, teh manis, kolak, es cendol, es campur, hingga sirup buah.

Padahal, menurut dokter ahli gizi Tan Shot Yen, Muslim di Indonesia beruntung berada di wilayah yang puasanya tidak harus sampai 18 jam. Lama waktu berpuasa hanya sekitar 14 jam dan itu bukanlah perkara sulit, menurut dr Tan.

Baca Juga

"Puasa kita enggak lebay kayak di negara lain yang sampai 18 jam," ujarnya dalam "Talkshow: The Hidden Crisis of Obesity" di Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

Dr Tan mengatakan Muslim masih bisa makan tiga kali dalam sehari selama berpuasa, yakni saat sahur, berbuka, dan sehabis tarawih. Konsep "Isi Piringku" tetap dapat menjadi panduan makan selama bulan Ramadhan.

"Sahur buat saya adalah sarapan kepagian, jadi konsep isi piringku bisa diterapkan. Tinggal masalahnya adalah kita punya rencana atau siap jadi bencana," ungkap dr Tan.

Sebelum tidur, rencanakan terlebih dahulu menu sahurnya. Dengan begitu, kita bisa menyiapkan makanan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Semua bahan tersebut bisa didapatkan dari nasi, lauk pauk, sayur dan buah.

Sementara itu, buka puasa, menurut dr Tan, ibarat makan siang yang telat. "Jadi kalau makan siang sponsornya capcai kuah, maka buka puasa bisa sajikan makanan tersebut," sarannya.

Selain capcai, ada makanan lain yang bisa dihidangkan, misalnya soto., Namun, sebaiknya Anda mulai berbuka puasa dengan air dan kurma.

"Letakkan takjil seperti kurma jadi sarat," ujar dr Tan.