Permintaan Kurma Jelang Ramadhan Meningkat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 14 Mar 2023 19:56 WIB

Foto: ilustrasi kurma untuk buka puasa Ramadhan Foto: Pxhere Foto: ilustrasi kurma untuk buka puasa Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,MANAMAH -- Jelang Ramadhan kurma menjadi komoditas yang populer di pasar-pasar dengan berbagai jenis dan rasa.

Melansir laman newsofbahrain.com, Ahad (12/3/2023) Vendor di Bahrain mengatakan mereka telah melihat peningkatan permintaan yang signifikan selama dua pekan terakhir, yang diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga

Mereka mengatakan selama tiga tahun terakhir, telah terjadi penurunan permintaan kurma. Namun, tahun ini, ada permintaan yang tinggi karena masyarakat membelinya sebagai oleh-oleh bersama dengan buah- buahan kering, serta untuk momen Ramadhan.

Statistik juga menunjukkan bahwa Ramadhan menyumbang hampir 40 persen dari penjualan tahunan kurma di Bahrain, yang diimpor dalam jumlah berton-ton dari negara-negara seperti Arab Saudi, Irak, Oman dan Aliazair.

Maria, seorang penjual di Palace of Dates, mengatakan dengan mendekati Ramadhan, banyak pelanggan tetap yang membeli, dan beberapa bahkan akan membeli dalam jumlah besar, dua hingga tiga hari sebelum Ramadhan dimulai untuk memastikan bahwa mereka tidak kehabisan stok.

Secara umum, permintaan meningkat sepanjang tahun, tidak hanya selama Ramadhan, dan selama bulan suci ini, banyak toko kurma juga menawarkan penawaran seperti beli dua gratis satu atau diskon.

la pun membenarkan bahwa harga hampir sama di setiap toko, di mana kurma termahal dan laris adalah Ajwa yang harganya sekitar tiga hingga lima dinar Bahrain (BD).

Ada beberapa jenis kurma populer lainnya yang tersedia, termasuk Sari, dengan harga satu BD, Salaj, dengan harga 900 fils per kg, Sagai, dengan harga 1,5 hingga 3 BD, Safawai, dengan harga BD 2-5, Sukkari, dengan harga satu hingga lima BD Medjool dan Hudry, dengan harga sekitar lima BD.

Danish Mohammed, pemilik Danish Food Stuff, salah satu toko tertua di Manama Souk, menyatakan bahwa bisnis mereka telah beroperasi dalam waktu yang lama, dengan ayahnya memulai dengan satu toko dan sekarang memiliki tujuh toko di lokasi berbeda.

"Ramadan memberikan keuntungan yang signifikan bagi bisnis kami, karena banyak orang mengunjungi toko untuk membeli kurma," ujar Mohammed.

Sementara itu beberapa kurma diimpor dari negara lain, yang lain baru dibudidayakan oleh petani di dalam Bahrain.

"Basis pelanggan kami beragam, dengan ekspatriat dan warga Bahrain menunjukkan kecintaan untuk membeli kurma, kami mempersiapkan diri dengan baik untuk pekan yang akan datang, karena permintaan selama Ramadan biasanya menyebabkan barang terjual dengan cepat. Jelas, kami akan menawarkan diskon, dan selain kurma, banyak konsumen akan membeli buah-buahan kering dan cokelat selama Ramadan,"jelas Mohammed.

Sumber:

https://www.newsofbahrain.com/bahrain/88763.html