Bolehkah Puasa Sunnah Sehari Menjelang Masuk Awal Ramadhan?

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 14 Mar 2023 18:41 WIB

Bolehkah Puasa Sunnah Sehari Menjelang Masuk Awal Ramadhan?. Foto:   Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Bolehkah Puasa Sunnah Sehari Menjelang Masuk Awal Ramadhan?. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID MADINAH -- Nabi Muhammad SAW seperti diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bersabda:  "Janganlah kalian mendahului berpuasa Ramadhan dengan berpuasa sehari atau dua hari sebelum Ramadhan terkecuali bagi seorang laki-laki yang biasa berpuasa pada hari tertentu, maka dia boleh berpuasa pada hari itu."

Ibnu Abbas RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu berpuasa sebelum Ramadhan, berpuasalah karena melihat hilal masuknya bulan Ramadhan dan berbukalah (berhari rayalah) karena melihat hilal (masuknya bulan Syawal). Apabila terhalang oleh awan sehingga tidak melihat masuknya bulan (Ramadhan atau Syawal), cukuplah bilangan 30 hari."

Baca Juga

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda. "Apabila bulan Sya'ban mencapai separuhnya, janganlah kalian berpuasa."

Abil Yaqdhon dan Ammar bin Yasir RA berkata: "Barang siapa yang berpuasa pada hari yang diragukan, maka dia telah berdosa kepada Abu qasim (Muhammad SAW)."

Thalhah bin Ubaidillah RA meriwayatkan bahwa Nabi SAW apabila melihat Hilal, maka beliau berdoa.

 "Ya Allah, terbitkanlah hilal kepada kami dengan aman, iman, selamat, dan Islam. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Semoga hilal ini menambah petunjuk dan kebaikan."