Kemenag: Perbaiki Hubungan dengan Allah dan Sesama Sambut Ramadhan

Red: Erdy Nasrul

Selasa 14 Mar 2023 15:46 WIB

Ilustrasi berkolaborasi dan menguatkan silaturahmi menyambut Ramadhan. Foto: Republika/Mabruroh Ilustrasi berkolaborasi dan menguatkan silaturahmi menyambut Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara H Sarbin Sehe, di Manado, Selasa, mengatakan datangnyabulan suci Ramadhan menjadi kesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan Allah dan sesama.

"Setiap manusia ingin mendapatkan kemuliaan bukan kehinaan. kalau menginginkan kemuliaan maka perbaiki dua hal yaitu hablu minallah wa hablu minannas, hubungan dengan Allah dan hubungan dengan manusia," kata Sarbin, di Manado.

Baca Juga

Sarbin Sehe mengatakan hal ini pada Penutupan Pengajian Studi Islam Assalam (SIAM) Provinsi Sulut Tahun 2023 yang digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan di Masjid Agung Awwal Fathan Mubiena Tuminting.

Kakanwil menjelaskan membangun hubungan dengan Allah adalah dengan menjaga shalat lima waktu dan selalu melaksanakan shalat Tahajud.

Memperbaiki hubungan dengan sesama manusia, katanya, yaitu dengan menjaga hubungan baik di lingkungan baik, di rumah dan di kantor. Dan terutama birrul bil walidain, yakni berbuat baik/berbakti kepada orang tua.

Mantan Kakanwil Kemenag Malut ini menjelaskan membangun relasi manusia dengan Tuhan dan dengan sesama manusia kedudukannya setara, artinya kedua hal tersebut sama pentingnya.

"Relasi kita dengan Tuhan dan dengan manusia sama-sama penting untuk dijaga, kedudukannya setara. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Mari sambut Ramadhan dengan bahagia, bersihkan hati dan jaga silaturahmi kita dengan sesama," kata Kakanwil.