Sambut Ramadhan, Pasar Murah Keliling Dihadirkan di Banda Aceh

Red: Muhammad Hafil

Selasa 14 Mar 2023 05:33 WIB

Sambut Ramadhan, Pasar Murah Keliling Dihadirkan di Banda Aceh. Foto: Seorang petugas menyiapkan kebutuhan sehari-hari untuk dibagikan di sebuah pasar di Banda Aceh, Kamis, 22 Desember 2022. Pemerintah daerah Aceh menggelar pasar kaki lima dengan harga murah untuk menekan laju inflasi di provinsi tersebut. Tingkat inflasi Indonesia diperkirakan akan mencapai kisaran 5,34 hingga 5,5 persen pada akhir tahun. Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK Sambut Ramadhan, Pasar Murah Keliling Dihadirkan di Banda Aceh. Foto: Seorang petugas menyiapkan kebutuhan sehari-hari untuk dibagikan di sebuah pasar di Banda Aceh, Kamis, 22 Desember 2022. Pemerintah daerah Aceh menggelar pasar kaki lima dengan harga murah untuk menekan laju inflasi di provinsi tersebut. Tingkat inflasi Indonesia diperkirakan akan mencapai kisaran 5,34 hingga 5,5 persen pada akhir tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH -- Untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, Pemerintah Kota Banda Aceh kembali menghadirkan program pasar murah keliling untuk masyarakat kurang mampu di ibu kota provinsi Aceh itu.

"Program ini menjadi prioritas kita dalam rangka menghadirkan bahan pokok murah bagi warga kota. Apalagi harga sembako cenderung naik jelang bulan Ramadhan," kata Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Banda Aceh, M Nurdin, di Banda Aceh, Senin (14/3/2023).

Baca Juga

Program pasar murah keliling melalui mobil yang sudah dimodifikasi tersebut digelar selama lima hari yakni mulai 13 sampai dengan 17 Maret 2023.

Nurdin menyampaikan, pasar murah keliling ini sebagai salah satu strategi Pemkot Banda Aceh dalam mengendalikan laju inflasi sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi. Apalagi, Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq menaruh perhatian serius pada program pengendalian inflasi ini.

"Pj Wali Kota menargetkan angka inflasi di Banda Aceh bisa ditekan hingga di bawah lima persen. Karenanya pasar murah keliling menjadi salah-satu program untuk menindaklanjutinya," ujarnya.

Nurdin menuturkan, dalam pasar murah keliling ini terdapat lima komoditas yang disediakan dalam satu paket belanja yakni berisi beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula 2 kg, tepung 1 kg dan telur 30 butir (satu papan).

Nurdin menyebutkan, beras 10 kg yang disediakan itu hanya dijual dengan harga beli Rp75 ribu, minyak goreng 2 liter Rp32 ribu, gula 2 kg Rp25 ribu, tepung 1 kg sebesar Rp10 ribu, dan telur 30 butir hanya Rp38 ribu.

Artinya, dengan adanya pasar murah keliling ini, maka masyarakat bisa membeli sembako dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

"Satu paket sembako itu seharga Rp260 ribu jika dibeli di pasaran, tetapi karena melalui pasar murah mereka bisa mendapatkannya dengan harga Rp160 ribu saja, itu karena sudah kita subsidi pemerintah," katanya.

Adapun pasar murah keliling ini bertempat di halaman taman sulthanah safiatuddin Gampong Bandar Baru pada Senin (13/3/2023).

Kemudian, dilanjutkan 14 Maret di halaman PLTD Apung Punge Blang Cut, 15 Maret di halaman Gedung Pustu Gampong Panteriek, 16 Maret di halaman Masjid Gampong Neusu Aceh, dan 17 Maret di Gampong Punge Jurong.

"Untuk setiap hari selama pasar murah keliling digelar, kita sediakan 800 paket. Masyarakat juga dapat membeli per item komoditas, jadi tidak harus membeli per paket," demikian M Nurdin.