Permintaan Tinggi Jelang Ramadhan, Muslim Food Bank Kanada Galakkan Donasi

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 10 Mar 2023 16:31 WIB

Ilustrasi. Permintaan Tinggi Jelang Ramadhan, Muslim Food Bank Kanada Galakkan Donasi Foto: Anita Maric/SWNS Ilustrasi. Permintaan Tinggi Jelang Ramadhan, Muslim Food Bank Kanada Galakkan Donasi

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Jelang Ramadhan yang tinggal beberapa pekan lagi, Muslim Food Bank menggalakkan donasi seiring dengan meningkatnya permintaan makanan di Kanada.

Dilansir di CTV News, Jumat (10/3/2023), organisasi itu mengatakan terdapat kurang lebih seribu pengunjung setiap bulan yang membutuhkan bantuan makanan. Hal itu disebabkan hadirnya lebih banyak pendatang baru dari Afghanistan dan Suriah.

Baca Juga

“Kami sekarang melayani antara tiga hingga empat ribu orang setiap bulan. Permintaannya sangat tinggi,” kata CEO Muslim Food Bank Azim Dahya.

Dia meluncurkan Muslim Food Bank pada 2010. Sejak itu ia membuka lebih banyak lokasi di seluruh negeri dan melayanimakanan komunitas Muslim. Umat Muslim dinilai membutuhkan makanan halal karena keyakinan mereka, yang menurut Dahya lebih mahal dan inflasi hanya memperburuknya.

“Makanan harganya naik gila-gilaan. Tahun lalu beli minyak sekitar tujuh dolar AS, sekarang jadi 12 dolar AS,” kata Dahya.

Dia juga mengatakan sejumlah keluarga kesulitan membayar sewa. Organisasinya mencoba membantu mereka dengan keterampilan bahasa dan bekerja.

Dia mengatakan, Muslim Food Bank sangat membutuhkan dukungan publik. Sebab jika stok makanan yang dimilikinya menipis, maka hal itu akan berimbas pada penerima manfaat.

"Tapi saya harap kita tidak sampai ke sana, terutama dengan Ramadhan yang akan datang kami ingin menambah ukuran paket," katanya.

Berdasarkan catatannya, hampir setiap hari Muslim Food Bank kedatangan klien baru. Setiap hari, organisasi tersebut memiliki sekitar lima hingga 10 orang klien baru.

Marfat Hamra, seorang karyawan di bank makanan tersebut mengatakan senantiasa berupaya memberikan kinerja terbaik untuk membantu sebanyak-banyaknya orang.

"Kami merasa tidak enak. Orang-orang datang ke sini. Jadi kami mencoba membantu mereka sebanyak yang kami bisa," lanjutnya.

Organisasi tersebut berharap masyarakat akan turun tangan selama masa-masa sulit ini dan menawarkan rasa kebersamaan dan memiliki bagi mereka yang seluruh hidupnya telah dihadapkan pada krisis. Muslim Food Bank merencanakan makan malam penggalangan dana pada Sabtu, 18 Maret di Taj Convention Center, Surrey.