Hidupkan Kembali Warisan Budaya, Saudi Siapkan Kegiatan Musim Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul

 Jumat 10 Mar 2023 09:23 WIB

Ilustrasi suasana umrah pada Ramadhan di Masjidil Haram Makkah Arab Saudi. Foto: AP/STR/SPA Ilustrasi suasana umrah pada Ramadhan di Masjidil Haram Makkah Arab...

Ramadhan akan menjadi puncak umrah di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Kebudayaan Arab Saudi bersiap menggelar kegiatan Ramadhan Musim 1444 H di seluruh Arab Saudi. Langkah ini diambil guna menghidupkan kembali warisan budaya sejarah, yang terkait dengan bulan suci tersebut.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan sebagai bagian dari program budaya komprehensif di 14 kota, yang tersebar di 10 wilayah Arab Saudi. Lebih dari 38 lokasi akan menyelenggarakan acara meriah, penuh dengan budaya, sosial dan kreatifitas sepanjang Ramadhan.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (10/3/2023), Musim Ramadhan bertujuan untuk merayakan kebiasaan masyarakat setempat selama bulan puasa. Kementerian ingin memperkenalkan masakan asli Saudi dan menyajikan budaya Ramadhan dalam semua detailnya yang kaya dengan cara yang inovatif, selain berbagi pengalaman budaya lokal secara virtual dengan dunia Islam.

Rencana ini juga akan mencakup berbagai kegiatan. Di antaranya adalah pertunjukan langsung, kerajinan tangan, teka-teki dan kompetisi, turnamen olahraga, kegiatan hiburan, pameran sejarah, permainan populer, serta area buka puasa dan sahur.

Musim Ramadhan akan dirayakan dengan menghormati karakter unik Ramadhan, berdasarkan identitas budaya spasial kota-kota di Arab Saudi. Kegiatan ini disebut akan dimulai di Jeddah, yang dianggap sebagai pintu gerbang ke Dua Masjid Suci.

Tidak hanya itu, Kementerian Kebudayaan menyebut nanti ada beragam kegiatan di Al-Balad Gate (Historic Jeddah), seperti cerita Ramadhan dan masih banyak lagi.

Setiap acara yang digelar akan mencakup berbagai kegiatan, termasuk kegiatan amal, pameran sejarah Jeddah, pemugaran masjid bersejarah, pencetakan Alquran, restoran populer dan lainnya.

Sedangkan untuk Riyadh, akan dilakukan beberapa kegiatan yang berbeda. Mereka antara lain: tenda Ramadhan, kerja amal, malam puisi, turnamen bola voli dan bola dayung, lintasan jalan kaki, serta e-games.

Berita Lainnya