Tips Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan Bagi Perempuan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 21 Mar 2023 07:15 WIB

Seorang wanita Muslim berbuka puasa saat matahari terbenam, selama bulan suci puasa Ramadhan di sepanjang kawasan pejalan kaki tepi laut di Beirut, Lebanon, Kamis, 15 April 2021. Tips Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan Bagi Perempuan Foto:

1

Membuat daftar periksa

Anda bisa menempatkan tugas-tugas dasar serta kegiatan tambahan dan membuat satu untuk setiap anak, ini akan berfungsi sebagai pengingat yang baik serta peringatan jika Anda memberikan terlalu banyak atau terlalu sedikit tugas. Jangan tunda sampai besok jika Anda memiliki tugas, segera lakukan.

Berisirahatlah

Jam tidur yang cukup sangat penting bagi Anda untuk dapat menyelesaikan sebulan penuh dengan kecepatan yang sama.

Makan dengan baik

Makanan sehat akan memberi Anda energi untuk bekerja, beribadah, dan melakukan semua tugas Anda. Jika bisa hindari makanan junk food dan makanan berlemak, diet seperti ini akan membuat Anda lebih mengantuk dan malas disamping berbahaya bagi kesehatannya. Setelah mengatur waktu Anda dengan satu atau lain cara, bantulah orang lain untuk melakukan hal yang sama, terutama anggota keluarga.

Olahraga

Banyak orang berpikir Ramadhan bukanlah waktu yang tepat untuk berolahraga, ini tidak benar. Anda tetap dapat melakukan peregangan selama beberapa menit atau jenis olahraga apa pun yang membuat tubuh Anda lebih kuat dan membuat Anda merasa lebih baik.

Tips menjalani Ramadhan untuk wanita bekerja

Tak perlu dikatakan, wanita yang bekerja memiliki pekerjaan yang lebih sulit dan membutuhkan lebih banyak perhatian dan kontrol. Namun kabar baiknya, wanita pekerja sebagian besar terbiasa dengan manajemen waktu, daftar periksa, dan mengatur tugas sebelumnya.

Bekerja secara efisien adalah gerbang penting menuju surga. Jadi selalu pastikan bahwa Anda melakukan pekerjaan dengan baik.

Jangan lupa mengatur jadwal dengan hati-hati. Sesuai dengan jam kerja Anda, Anda harus memiliki waktu yang cukup untuk tidur, bekerja, dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Manfaatkan waktu istirahat dan saat berada di perjalanan untuk membaca Alquran atau berzikir. Bantu rekan Muslim Anda memanfaatkan bulan suci ini dengan bertukar informasi, dan saling menyemangati.

Anda bisa mendapatkan bantuan dari anggota keluarga untuk tanggung jawab rumah tangga. Anda harus selalu tahu manajemen waktu bukanlah alat untuk menyelesaikan lebih banyak tugas. Ini lebih merupakan sistem yang membantu Anda memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda lakukan, mengidentifikasi tanggung jawab, dan untuk tetap produktif.