8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Taqwa Selama Ramadhan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Senin 20 Mar 2023 06:15 WIB

Sejumlah umat Islam mengikuti sholat tarawih 30 juz semalam suntuk di Masjid Al Insani Kompleks Anggrek Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (27/4/2022) dini hari. 8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Taqwa Selama Ramadhan Foto:

1

5. Sholat, doa, dan mengingat Allah

Sholat tepat waktu dan jalankan semua sholat. Jangan abaikan sholat Tarawih. Perbanyaklah sholat sunnah.

Lakukan ibadah sebanyak yang Anda bisa. Perbanyak zikir (mengingat Allah) dan berdoa untuk diri sendiri dan orang lain. Bertobatlah dan istighfar sebanyak mungkin. Ini adalah waktu terbaik untuk pengabdian dan mencari pengampunan Allah. Carilah malam Lailatul Qadar dengan iktikaf selama 10 malam terakhir bulan ini.

6. Zakat, sedekah, dan kedermawanan

Jadilah sangat dermawan dan murah hati. Memberi lebih banyak untuk membantu yang miskin dan membutuhkan, dan untuk membantu proyek sosial dan komunitas yang baik. Bersikaplah baik kepada teman dan tetangga Anda juga. Beri tahu tetangga dan rekan kerja non-Muslim Anda bahwa ini adalah waktu Anda yang diberkati dan sakral.

7. Perilaku dan hubungan yang baik dengan orang lain

Cobalah untuk lebih baik dan sopan selama bulan ini. Lupakan pertengkaran dan perselisihan Anda. Berdamai dan memaafkan. Jangan terlibat dalam gibah, berbohong, menipu, dan apa pun yang salah. Jadilah sangat baik untuk Muslim dan untuk semua manusia.

8. Refleksi

Pikirkan, renungkan, dan rencanakan untuk memperbaiki kondisi moral dan spiritual diri dan keluarga Anda. Pikirkan tentang kesalahan dan dosa yang mungkin telah Anda lakukan dan perbaiki diri Anda sendiri.

Sebutkan kekurangan yang Anda miliki dalam ibadah Islam dan rencanakan untuk mengubah diri Anda sendiri. Pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk umat dan umat manusia untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik bagi semua orang.