Saudi akan Distribusi Sejuta Alquran ke Luar Negeri Selama Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul

Senin 06 Mar 2023 09:46 WIB

Alquran dan terjemahannya dalam berbagai bahasa di Masjidil Haram, Arab Saudi. Ilustrasi Alquran. Foto: SPA Alquran dan terjemahannya dalam berbagai bahasa di Masjidil Haram, Arab Saudi. Ilustrasi Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman telah menyetujui distribusi satu juta eksemplar Alquran ke berbagai belahan dunia. Kalam Allah ini merupakan hasil publikasi Kompleks Raja Fahd untuk Pencetakan Alquran, yang dicetak dalam berbagai ukuran.

Tidak hanya itu, salinan Alquran dan terjemahannya ke dalam 76 bahasa juga akan didistribusikan ke atase agama, pusat Islam dan kantor bimbingan di luar negeri. Pelaksanaannya akan diawasi oleh Kementerian Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan Saudi kepada 22 negara selama Ramadhan 1444H.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Senin (6/3/2023), Menteri Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan, dan Pengawas Umum Kompleks Dr. Abdullatif Bin Abdulaziz Al-Sheikh memuji dukungan yang diterima atase Islam, pusat dan kantor bimbingan di luar negeri dari Raja Salman. Hal ini dilakukan untuk membantu mereka menjalankan tugas dan mencapai misi mulia mereka.

Dia menambahkan, gerakan ini merupakan perpanjangan dari upaya Kerajaan untuk melayani Alquran, sekaligus berkontribusi untuk menyampaikannya kepada jutaan Muslim di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, Dr. Al-Sheikh juga menyatakan pihaknya telah mulai berkoordinasi dan mempersiapkan pengiriman publikasi tersebut ke pusat-pusat Islam. Langkah ini dilakukan sesuai dengan standar tertinggi, untuk memastikan kedatangannya tepat waktu.

Kementerian itu juga akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak kedutaan Kerajaan di negara-negara yang menjadi tujuan distribusi.

Segala persiapan saat ini tengah dilakukan Arab Saudi untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Seperti yang diketahui, Ramadhan merupakan salah satu momen untuk umat Islam dalam meraih pahala yang sebesar-besarnya.

Bulan suci ini juga menjadi bulan yang sangat dirindukan umat Islam sedunia lantaran mempunyai banyak keistimewaan. Di bulan ini, setiap pahala akan dilipatgandakan. Amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan tersebut adalah bersedekah, membaca Alquran (tadarus), shalat tarawih, dan lain sebagainya.