Konnyaku Fruit Honey Salad, Menu Takjil Sehat yang Gampang Dibuat

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Rabu 22 Mar 2023 09:13 WIB

Konnyaku Fruit Honey Salad bisa menjadi salah satu ide takjil untuk Ramadhan. Foto: Republika/Gumanti Konnyaku Fruit Honey Salad bisa menjadi salah satu ide takjil untuk Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konnyaku merupakan makanan khas Jepang yang memiliki tekstur seperti agar-agar. Berasal dari umbi iles-iles yang rendah kalori, tinggi serat dan bebas lemak, Konnyaku juga bisa diolah menjadi menu takjil yang bergizi dan menyegarkan.

Chef dari Mr Ishi Konnyaku & Shirataki, Aaron Laksana, membagikan salah satu menu dessert Konnyaku andalannya yaitu Konnyaku Fruit Salad. Menurut Aaron, menu ini mirip dengan es buah, namun lebih sehat karena ditambahkan Konnyaku.

Baca Juga

"Pada dasarnya konnyaku bisa menjadi pengganti jeli, bedanya konnyaku tinggi vitamin dan serat jadi pasti lebih sehat. Dan cara bikinnya gampang banget, aku yakin semua orang bahkan anak kost bisa bikinnya," kata Aaron dalam demo masak di event Dessert Mart di Jakarta Pusat, Ahad (5/3/2023).

Lantas apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya? Yuk simak uraian berikut.

Bahan-bahan:

1. 2 konnyaku blok

2. Air panas 500 ml

3. Mayones 1000 gram

4. Madu 300 gram

5. Susu kental manis 150 gram

6. Cream cheese

7. Strawberry, buah naga, kiwi, anggur, dan buah-buahan lain sesuai selera.

Cara menyiapkan konnyaku:

1. Potong dadu konyaku blok. Potongnya sesuai selera.

2. Seduh konnyaku blok yang sudah di potong dengan air panas selama kurang lebih tiga menit. Proses penyeduhan ini dimaksudkan untuk membuat tekstur konnyaku menjadi lebih kenyal.

3. Setelah tiga menit, tiriskan konnyaku.

Cara membuat saus salad:

1. Untuk membuat saus untuk Konnyaku Fruit Honey Salad, pertama-tama masukkan mayones, madu, susu kental manis ke dalam blender. Lalu haluskan.

2. Setelah itu tambahkan cream cheese dan strawberry potong untuk menambahkan cita rasa. Lalu blender kembali hingga halus, dan saus siap dihidangkan.

Penataan:

1. Siapkan wadah yang cukup besar, lalu susun buah-buahan potong yang telah disiapkan.

2. Tambahkan potongan konnyaku blok ke dalam wadah. Susun sesuai selera.

3. Kucurkan saus secara merata di atas buah yang telah ditata. Dan Konnyaku Fruit Honey Salad siap dinikmati.