Jumat 18 Nov 2022 16:35 WIB

SPBU di Tenjo Terbakar, Berawal dari Percikan Api di Angkot

Ketika operator mulut pipa ke lubang BBM kendaraan, tiba-tiba muncul percikan api.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ratna Puspita
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.163.20 di Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor terbakar pada Jumat (18/11/2022) siang.
Foto: pixabay
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.163.20 di Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor terbakar pada Jumat (18/11/2022) siang.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.163.20 di Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, terbakar pada Jumat (18/11/2022) siang. Api awalnya muncul dari percikan api sebuah angkutan kota (angkot) yang sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Kapolsek Tenjo Iptu Suyadi mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Awalnya, seorang operator sedang mengisi Pertalite untuk angkot Daihatsu Grand Max dengan nomor polisi A 1909 JI.

Baca Juga

“Baru saja operator memasukkan nozzle (mulut pipa) ke lubang BBM kendaraan, tiba-tiba muncul percikan api dari dalam mobil dan membesar hingga membakar barang-barang yang ada di sekelilingnya,” kata Suyadi dalam keterangannya.

Suyadi menyebutkan, kerugian yang diakibatkan peristiwa ini, yakni satu unit rumah pompa pengisian BBM Pertalite dan Pertamax, atap SPBU dan sebagian bangunan kantor terbakar. Bahkan, satu unit sepeda motor dan satu unit mobil angkot juga turut terbakar.

“Kerugian material masih dalam penghitungan,” ujarnya.

Ia mengatakan, polisi menerima berita dari warga sekitar pukul 11.37 WIB. Polisi menunggu petugas Pemadam Kebakaran Parung Panjang sambil melakukan sterilisasi seputaran SPBU dan merekayasa arus lalu lintas.

“Sekitar 20 menit kemudian, dua unit pemadam kebakaran Parung Panjang datang dan langsung melokalisir api yang sedang membakar bangunan dan berhasil dipadamkan dalam waktu 15 menit,” jelas Suyadi.

Petugas yang melaksanakan pemadaman ialah anggota Polsek Tenjo, Satpol PP Kecamatan Tenjo, dan Pemadam Kebakaran Sektor Parung Panjang. “Api dinyatakan padam dan aman pada jam 12.30 WIB,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement