Warga Jepara Sambut Lebaran Ketupat dengan Lomba Panjat Pinang Laut

Red: Agung Sasongko

 Selasa 10 May 2022 03:26 WIB

Lomba panjat pinang yang digelar di Pantai Muara Indah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Kelurahan Demaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memiliki cara tersendiri dalam menyambut Syawalan Lebaran Ketupat 2022 dengan cara menggelar lomba panjat pinang di laut.

Lomba panjat pinang yang digelar di Pantai Muara Indah di Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara itu, merupakan acara puncak setelah warga desa setempat sebelumnya menggelar aneka perlombaan, mulai dari lomba makan krupuk, balap karung, balap kelereng serta lomba menangkap bebek di laut.

Baca Juga

"Peserta lomba tidak hanya dari kalangan pemuda dan orang tua, bahkan anak-anak juga turut serta memeriahkan acara tersebut, termasuk acara lomba panjat pinang juga diikuti anak-anak," kata Ketua panitia panjat pinang Kandir di Jepara.Karena berada di laut, kata dia, para peserta panjat pinang harus bekerja sama karena tidak mudah untuk mencapai puncak pinang yang berisi aneka hadiah.

Aneka perlombaan, termasuk panjat pinang di laut memang digelar setiap tahun untuk menyambut perayaan Syawalan Lebaran Ketupat.Sementara alasan menggelar panjat pinang di laut, salah satunya karena keterbatasan lahan di darat, sehingga memilih menggelar lomba panjat pinang di laut yang pesertanya merupakan warga dari Rukun Tetangga (RT) 3 Rukun Warga (RW) 5, Kelurahan Demaan.

Selain itu, imbuh dia, lomba panjat pinang di laut juga tergolong unik dan bagi peserta yang terjatuh dari pinang setinggi 12 meteran itu, dipastikan tidak akan terlalu kesakitan, dibandingkan terjatuh saat di darat."Biaya perlombaan merupakan hasil swadaya warga serta dukungan dari sejumlah pengusaha mebel maupun ikan di desa setempat," ujarnya.

Meskipun lomba tersebut hanya digelar di tingkat RT, penontonnya cukup banyak karena tidak hanya dari warga desa setempat, melainkan dari warga desa lain juga turut menyaksikan perlombaan tersebut.Lomba tangkap bebek di laut juga cukup menarik, karena pesertanya didominasi anak-anak.

Dari tujuh ekor bebek yang dilepaskan, tercatat ada enam ekor bebek yang berhasil ditangkap, sedangkan satu ekor bebek berenang ke tengah laut, sehingga tidak bisa ditangkap.Sukron, salah seorang peserta lomba panjat pinang di laut mengaku, sangat senang bisa ikut dalam lomba panjat pinang di laut karena menjadi yang pertama bisa naik hingga ke puncak setelah sebelumnya bersusah payah untuk bisa mencapai puncak.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X