Arus Balik di Arteri Karawang Macet Parah

Red: Agung Sasongko

 Ahad 08 May 2022 21:37 WIB

Sejumlah kendaraan yang didominasi pemudik melintas di jalur Pantura Karawang, Jawa Barat, Ahad (8/5/2022).  Pada H+5 Lebaran, arus lalu lintas di jalur Pantura Karawang menuju Jakarta terpantau padat. Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar Sejumlah kendaraan yang didominasi pemudik melintas di jalur Pantura Karawang, Jawa Barat, Ahad (8/5/2022). Pada H+5 Lebaran, arus lalu lintas di jalur Pantura Karawang menuju Jakarta terpantau padat.

Arus balik lebaran atau arus lalu lintas dari arah Jawa menuju Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arus balik Lebaran atau arus lalu lintas dari arah Jawa menuju Jakarta di jalan arteri Kabupaten Karawang, Jawa Barat, macet parah pada Ahad sore hingga malam. Kemacetan yang cukup panjang di jalan arteri Karawang terjadi di jalur menuju Jakarta, sejak memasuki wilayah Purwasari-Kosambi-Klari hingga memasuki Jalan Lingkar By Pass Karawang.

Di sepanjang jalan arteri Karawang itu didominasi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Para pemudik bersepeda motor yang akan menuju Jakarta menyemut dan menguasai jalan arteri Karawang. "Sejak di jalur Pantura sampai Simpang Jomin kendaraan sudah sangat padat," kata Eko, seorang pemudik dari Brebes yang akan ke Tangerang.

Baca Juga

Ia menyampaikan, setelah memasuki wilayah Cikampek arus lalu lintas semakin padat sampai terjadi kemacetan. "Kita terjebak macet, kalau tidak salah sejak memasuki wilayah Cikampek," katanya saat beristirahat di sebuah SPBU Klari Karawang.

Sementara itu, kemacetan juga terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Ahad sore hingga malam, tepatnya di titik pertemuan arus kendaraan yang melintas dari Tol Cipali dan Tol Cipularang. Informasi dari pihak Jasa Marga, atas diskresi kepolisian, Jasa Marga mendukung pemberlakuan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta.

Rekayasa lalulintas satu arah dimulai dari Km 428 Jalan Tol Semarang ABC sampai Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.Selain itu, diberlakukan juga rekayasa contraflow dua lajur dari Km 72 sampai Km 28 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 18.05 WIB.

Dengan diperpendeknya titik akhir satu arah di Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan yang menuju arah Bandung dan sekitarnya bisa menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan melanjutkan perjalanan melalui Jalan Tol Cipularang.

Sedangkan bagi pengguna jalan yang menuju arah Cikampek, Cirebon dan Jawa Tengah, pengguna jalan bisa mengakses Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek dan keluar melalui Gerbang Tol Cikampek di Km 72 atau melalui Jalan Tol Cipularang dan melanjutkan perjalanan via jalan nontol.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X