Wisatawan Padati Pantai Goa Cemara

Red: Agung Sasongko

Selasa 03 May 2022 22:45 WIB

Pantai Goa Cemara (ilustrasi) Foto: Wihdan Hidayat / Republika Pantai Goa Cemara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wisatawan dari berbagai daerah memadati objek wisata Pantai Goa Cemara di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), usai Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022.

"Mulai kemarin (Senin, 2/5) sore wisatawan mulai ramai, kemudian hari ini sejak tadi pagi sampai sekarang seperti ini (ramai wisatawan) terus," kata Anggota Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Wilayah 4 Kabupaten Bantul, Trijarwanto di Pantai Goa Cemara Bantul, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga

Menurut dia, jika dibandingkan dengan hari pertama Lebaran atau Senin (2/5) wisatawan yang memadati pantai ini lebih banyak pada Selasa (3/5) ini, sehingga butuh pengawasan yang lebih dari anggota SAR.Dia mengatakan total ada 30 anggota SAR Wilayah 4 yang meliputi Pantai Samas ke barat sampai Pantai Baru Srandakan, seluruh personel disebar di semua objek pantai, tujuh orang diantaranya berjaga di Pantai Goa Cemara.

"Total 30 personel lengkap dari Polairud Polda DIY, SAR dari Bantul dan Angkatan Laut (AL) Samas yang dibagi di beberapa titik Wilayah 4, khusus di Pantai Goa Cemara ada tujuh anggota," katanya.

Dalam bertugas, anggota SAR melalui pengeras suara dan pemantauan di sekitar pantai memberikan imbauan agar wisatawan tidak bermain atau mandi di laut antisipasi kecelakaan laut.

"Kondisi gelombang alami peningkatan sejak kemarin, hari ini agak melandai, tetapi masih membahayakan untuk wisatawan bermain air, makanya kita selalu mengimbau kepada pengunjung untuk tidak main di pantai," katanya.

Salah satu wisatawan Pantai Goa Cemara, Khansa mengatakansudah menjadi agenda tahunan setelah merayakan Lebaran bersama keluarga, pergi ke tempat wisata untuk liburan.

"Setelah tadi kumpul bersama keluarga besar, kemudian muter muter ke tempat simbah untuk silaturahmi, lanjut ke pantai, nanti kita akan makan ikan di Pantai Depok," katanya.