Sembilan Kebiasaan yang Dapat Dilanjutkan Usai Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

Selasa 03 May 2022 16:45 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

Keempat, Menjadi lebih baik. Esensi Ramadhan adalah berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita baik itu di tempat kerja maupun di rumah. Saat puasa berakhir, pertahankan upaya kita hingga produktivitas maksimum dan komitmen 100 persen untuk pekerjaan dan keluarga.

Kelima, Berpuasa Sunnah minimal satu hari dalam sebulan. Kobarkan kembali semangat Ramadhan sebulan sekali dengan memilih satu hari untuk berpuasa. Ini akan menyegarkan pikiran dan tubuh. Kita dapat memiliki air, tetapi tidak makan. Akhiri puasa  dengan cara yang sesehat mungkin.

Keenam, merenungkan, habiskan waktu untuk introspeksi positif. Ini akan membantu menyegarkan pikiran dan menghilangkan stres saat mendetoksifikasi tubuh. 

Ketujuh toleransi. Unsur spiritual Ramadhan secara otomatis menanamkan perasaan positif yang merasuki semua aktivitas kita. Bahkan orang yang tidak berpuasa tampaknya membutuhkan upaya ekstra untuk bersikap positif, sopan, dan toleran. Jalankan Idul Fitri ini dan berusahalah untuk memahami dan toleran terhadap orang atau peristiwa di sekitar.

Bersiaplah untuk mendengarkan dan belajar sebanyak mungkin. Bersikaplah terbuka terhadap ide-ide, bahkan jika itu tidak masuk akal pada awalnya. Toleransi hanya datang melalui pemahaman dan penerimaan terhadap hal-hal yang baru atau berbeda.

Kedelapan, makan lebih sedikit daging. Sebagai manusia yang bertanggung jawab, kita harus menghindari mengambil nyawa hanya karena kita suka makan daging. Kitq memiliki begitu banyak pilihan yang tersedia, namun kita tampaknya tidak dapat mengendalikan nafsu makan terhadap daging.

Terlepas dari budaya atau pola makan normal, makan lebih sedikit daging mudah dilakukan dan lebih sehat. Sebagai permulaan, batasi diri hanya dengan satu atau dua kali makan non-vegetarian dalam seminggu.

Kesembilan, berhenti merokok. Ambil resolusi untuk bertanggung jawab atas kesehatan sendiri dan berhenti merokok. Lakukan perubahan kecil seperti menghindari atau membatasi kesempatan merokok setiap hari dengan rekan kerja dan menghindari membeli rokok.

Tantang diri, karena kebutuhan untuk merokok seharusnya tidak mengendalikan kita.

Kesepuluh, menjadi relawan sebulan sekali. Relawan untuk tujuan yang dekat dengan hati sebulan sekali. Temukan alasan yang disukai dan lakukan penelitian yang memadai tentang organisasi tersebut sebelum mendaftar sebagai sukarelawan.