Jalur Kalimalang Sudah Lengang dari Pemudik

Red: Reiny Dwinanda

Ahad 01 May 2022 19:56 WIB

Sejumlah pemudik motor melintasi kawasan Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Jalur Kalimalang sudah sepi oleh pemudik pada Ahad (1/4/2022). Foto:

1

Junaedi mengatakan, ada sejumlah titik kemacetan lalu lintas di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur. Ia menyebut lokasi kemacetan di antaranya Pangkalan Jati dan Haji Naman hingga Sumber Artha yang berbatasan dengan Bekasi.

"Meski demikian kondisi lalu lintas di sini biasanya ramai oleh pemudik ketika malam hari, ini kami akan bersiap untuk itu," katanya.

Sementara itu, Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan Idul Fitri 1443 H jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Keputusan ini diambil setelah melakukan proses hisab dan rukyat.

"Berdasarkan hasil hisab, posisi hilal di seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan laporan hilal yang sudah terlihat, secara mufakat sidang isbat menetapkan 1 syawal 1443 H jatuh pada Senin 2 Mei 2022 M," uajr Menag dalam konferensi pers, Ahad (1/5/2022).

Pemerintah melalui Kementerian Agama disebut selalu menggunakan dua metode ini, yang menjdadi bagian tidak terpisahkan, yaitu metode hisab (perhitungan) dan rukyat (melihat lgsung keberadaan hilal). Dua cara tersebut bukanlah metode yang diperhadapkan atau dipertentangkan, emlainkan saling melengkapi satu dan lainnya.

 

Terpopuler