Qatar Siapkan 520 Masjid dan Tanah Lapang untuk Sholat Idul Fitri

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil

 Ahad 01 May 2022 15:54 WIB

Qatar Siapkan 520 Masjid dan Tanah Lapang untuk Sholat Idul Fitri. Foto:    Umat Islam di Qatar melaksanakan Shalat Idul Fitri, ilustrasi Foto: Omanenjoyqatar.com Qatar Siapkan 520 Masjid dan Tanah Lapang untuk Sholat Idul Fitri. Foto: Umat Islam di Qatar melaksanakan Shalat Idul Fitri, ilustrasi

520 masjid dan tanah lapang disiapkan Qatar untuk sholat Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID,DOHA -- Qatar siap merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang menandai akhir bulan suci Ramadhan. Qatar akan menyambut tanggal 1 Syawal dengan penuh kemeriahan dan semangat keagamaan tradisional.

Lebih dari 500 masjid dan ruang terbuka untuk pelaksanaan sholat telah disiapkan untuk sholat Idul Fitri 1443 H. Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar telah mengumumkan bahwa 520 masjid dan tanah lapang untuk sholat di seluruh negeri akan menjadi tuan rumah bagi jamaah Idul Fitri.

Baca Juga

Dilansir ABNA 24, Ahad (1/5/2022), sholat Id dilaksanakan pada pukul 05.12. Untuk menampung jumlah jamaah yang maksimal, telah disediakan lebih dari satu tempat sholat Id di setiap daerah. Kementerian Kotamadya yang diwakili oleh Departemen Kebersihan Umum juga telah meluncurkan kampanye pembersihan tempat sholat Idul Fitri.

Pembersihan mencakup semua kota termasuk Doha, Al Khor dan Al Zakhira, Al Shamal, Al Wakra, Al Daayen, Al Sheehaniya, Umm Salal dan Al Rayyan di mana sejumlah besar tempat sholat telah disiapkan. Taman umum, pantai, dan tempat rekreasi lainnya telah disiapkan untuk menyambut para pengunjung selama liburan.

Otoritas Qatar telah mengumumkan bahwa Idul Fitri akan jatuh pada Senin, 2 Mei. Bulan sabit Syawal tidak terlihat oleh Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar pada Sabtu, 30 April sehingga Idul Fitri jatuh pada Senin 2 Mei.

Negara-negara Muslim lainnya juga akan merayakan Idul Fitri pada Senin 2 Mei. Di antaranya adalah Saudi, Mesir, Turki, Bahrain, Lebanon, Palestina, Irak, dan Kuwait. Umat Muslim di Prancis juga merayakan Idul Fitri pada Senin 2 Mei. Begitu pun Singapura, yang melalui The Majils Ugama Islam Singapore, telah diumumkan bahwa umat Islam di sana akan merayakan Idul Fitri pada Senin 02 Mei 2022.

Umat Muslim Australia juga akan melakukan perayaan Idul Fitri pada Senin 2 Mei. Dewan Imam Nasional Australia mengeluarkan pernyataan resmi mengumumkan bahwa hari pertama bulan Syawal dan Idul Fitri jatuh pada Senin 2 Mei.

Sumber:

 https://en.abna24.com/news//520-mosques-prayer-grounds-in-qatar-ready-to-host-eid-al-fitr-prayers_1253590.html

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X