Mau Takbiran di JIS, Ini Rute Bus Transjakartanya

Rep: Stevy Maradona/ Red: Stevy maradona

Ahad 01 May 2022 12:08 WIB

Bus Metrotrans melintas di kawasan Halte Jakartas International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (1/3/2022). PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menguji coba layanan non-bus rapid transit (non-BRT) rute 14 Jakarta International Stadium (JIS)-Senen setiap hari mulai pukul 05.00-21.30 WIB dengan headway 10 menit di jam sibuk dan 20 menit di luar jam sibuk. Foto: ANTARA/Aprillio Akbar Bus Metrotrans melintas di kawasan Halte Jakartas International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (1/3/2022). PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menguji coba layanan non-bus rapid transit (non-BRT) rute 14 Jakarta International Stadium (JIS)-Senen setiap hari mulai pukul 05.00-21.30 WIB dengan headway 10 menit di jam sibuk dan 20 menit di luar jam sibuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta akhirnya bisa menggelar malam takbiran pada Ahad (1/4). Acara takbiran dipusatkan di Jakarta International Stadion, Sunter, Jakarta Utara. Ini adalah stadion baru kualitas internasional yang akan diresmikan beberapa waktu lagi. Selain menggelar takbiran di situ, Pemprov DKI Jakarta juga bersiap menggelar Shalat Idul Fitri 1443 pada Senin pagi. 

Stadion JIS terletak di wilayah Sunter, Jakarta Utara. Berdiri di tepi jalan RE Martadinata, tepat di seberang Ancol dan rel kereta. Stadion ini nampak megah bagi pelintas arah Tanjung Priok ke arah Kota maupun yang melintas di jalan tol arah Tanjung Priok ke Bandara. 

Pada Sabtu malam, mulai pukul 19.00 WIB pemprov menggelar festival bedug dan takbiran. Festival bedug ini sebelumnya sudah diadakan di masing-masing wilayah di Jakarta. Setiap wilayah mengundang tiap kecamatan untuk berpartisipasi. Kecamatan yang menang diundang untuk tampil di JIS di malam takbiran. Acara akan dimulai dengan wakil dari setiap wilayah kota Jakarta untuk menggelar kreasi tabuhan beduknya. Satu tim bedug terdiri atas lima sampai tujuh orang. 

Kepada warga yang ingin pelesir takbiran di JIS, Aceng Zaeni, kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Sekretariat Daerah DKI Jakarta mengingatkan agar bisa memanfaatkan transportasi umum ke JIS. Ini mengingat sarana parkir di JIS terbatas. Stadion berkapasitas 82 ribu orang itu hanya menyediakan kurang dari 2.000 slot parkir kendaraan roda empat. Sisa kendaraan, menurut Aceng, bisa parkir di Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter yang menyediakan sekitar seribuan slot parkir, atau parkir di Taman Impian Jaya Ancol di seberang JIS. 

Transportasi umum itu bisa menggunakan TransJakarta maupun ojek online. Aceng mengatakan rute TransJakarta yang singgah di JIS adalah TransJakarta JIS 014 jurusan Senen-JIS, kemudian TransJakarta JIS 003 jurusan Harmoni-JIS, lalu bus Non BRT 10K jurusan Tanjung Priok-Senen via Taman BMW, dan JAK 77 jurusan Tanjung Priok-Jembatan Hitam.