Resep Mudah Samosa Sayuran, Menu Andalan Saat Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 01 May 2022 17:20 WIB

Samosa. Resep Mudah Samosa Sayuran, Menu Andalan Saat Ramadhan Foto: Wikimedia Samosa. Resep Mudah Samosa Sayuran, Menu Andalan Saat Ramadhan

Isian samosa bisa dikreasikan sesuai selera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Samosa menjadi menu andalan di banyak meja makan selama bulan Ramadhan, bulan di mana umat Islam berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam selama 29 hingga 30 hari.

Tapi setelah matahari terbenam, umat Islam biasa berbuka puasa dengan air dan kurma. Oleh karena itu, makanan adalah bagian pokok dari bulan itu, tetapi ada berbagai makanan untuk disantap saat iftar (makanan berbuka puasa).

Baca Juga

Samosa adalah camilan paling umum yang dimakan saat berbuka puasa dan merupakan salah satu resep paling rumit. Berikut resep samosa sayuran lezat yang bisa Anda coba di rumah jika Anda ingin mencobanya, dilansir di Birmigham Mail.

Resep Mudah Samosa Sayuran, Menu Andalan Saat Ramadhan

Bahan:

· 2 kentang besar

· 2 sdm minyak

· ½ bawang bombay potong dadu

· ½ cangkir kacang polong yang dihancurkan

· 1 sdm bubuk kari

· ½ sdt bubuk cabai

· Garam secukupnya

· Minyak goreng

· 1 putih telur

· Kulit lumpia, dipotong persegi panjang dibagi menjadi 3

Cara Membuat:

1. Kupas dan potong tebal kentang menjadi bentuk kotak. Rebus selama sekitar 10 menit sampai matang. Tiriskan dan biarkan dingin. Kemudian tumbuk sampai lunak.

2. Tuang sedikit minyak ke dalam wajan anti lengket dan goreng bawang yang sudah dipotong dadu sampai lunak dan agak keemasan, lalu tambahkan bumbu bubuk kari, bubuk cabai, dan garam. Kemudian masukkan kentang dan kacang hijau. Masaklah campuran ini selama beberapa menit.

3. Ambil satu sendok makan dan ambil beberapa isian dan letakkan di tengah pembungkus lumpia. Olesi tepi pembungkus dengan putih telur dan lipat membentuk segitiga samosa. Pastikan tidak ada lubang dan sudut-sudutnya tertutup rapat menggunakan putih telur. Ulangi hal yang sama sampai isian habis.

4. Goreng samosa dengan api besar dalam minyak sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah di luar. Ambil samosa dan tiriskan minyaknya dan letakkan di atas piring yang sudah diberi tisu penyerap minyak.

Anda juga dapat menyajikannya dengan saus sambal atau asam jawa.

Itu dia resep mudah membuat samosa dengan empat langkah sederhana. Samosa cukup serbaguna untuk dibuat sehingga Anda bisa menggunakan isian apa pun yang Anda inginkan, bisa dengan keju dan jalapeno atau cokelat hazelnut untuk camilan yang manis.

https://www.birminghammail.co.uk/news/midlands-news/ramadan-2022-heres-one-easiest-23559037

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X