Catat! ini Jadwal Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah Masjid Besar di Kota Semarang

Rep: Bowo S Pribadi/ Red: Agung Sasongko

Ahad 01 May 2022 03:07 WIB

Suasana Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Kota Semarang, saat kegiatan shalat Idul Fitri 1440, Rabu (5/6). Foto: Republika/Farah Noersativa Suasana Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Kota Semarang, saat kegiatan shalat Idul Fitri 1440, Rabu (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Masjid Raya Baiturrahman Semarang bakal menggelar sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang.

Shalat Idul Fitri ini rencananya bakal diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga

Selain gubernur dan jajaran forkopimda, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono rencananya juga akan melaksanakan sholat Idul Fitri di Lapangan Pancasila.

“Kebetulan beliau sedang berada di Kota Semarang, juga akan shalat Id di Lapangan Pancasila,” ungkap Ketua Takmir Masjid Raya Baiturrahman, KH  Dr Multazam Ahmad, di Semarang, Sabtu (30/4).

Karena, jelas Multazam, Menteri PUPR sekaligus bakal meninjau pelaksanaan pembangunan rehab Masjid Raya Baiturrahman.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapangan Pancasila Semarang, lanjutnya, akan dimulai pukul 06.30 WIB.

Bertindak sebagai imam, KH Ulil Abshor AlHafidz dan khatib, Prof Dr Abdul Djamil MA yang juga Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Untuk itu, para jamaah diharapkan sudah berwudlu dari rumah masing- masing, memakai masker dan membawa alas serta perlengkapan shalat atau sajadah masing- masing.

Ia juga menyampaikan, titik- titik parkir sudah disiapkan oleh panitia. “Diharapkan para jamaah tidak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan ketat sebagai antisipasi penularan Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Dr H Hendrar Prihadi SE MM dan Forkopimda Kota Semarang akan melaksanakan sholat Idul Fitri di Halaman Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda Kota Semarang.

Bertindak sebagai imam dan khatib, dosen Universitas Diponegoro (Undip) Semarang KH Dr H Muhammad Adnan MA.

Sedangkan Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajahraya, Kota  Semarang akan dimulai pukul 06.45 WIB.

Akan bertindak sebagai imam, KH Zaenuri Ahmad Alhafidz dan khatib Dr KH Nafis Junalia MA yang juga dosen Pascasarjana UIN Walisongo Semarang.

Sementara itu, untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri di Masjid Agung Semarang (MAS) Kauman, Kota Semarang akan dimulai pukul 06.30 WIB. Bertindak sebagai imam, KH Hanief Ismail Lc dan khatib, Habib Ja'far Shodiq Almusawwa.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonsia (MUI) Jawa Tengah, Dr KH Ahmad Darodji MSi mengajak umat Islam mengumandangkan takbir, tasbih dan tahmid di rumah masing- masing atau di masjid.

Ia mengimbau agar warga tidak menggelar takbir keliling karena akan memicu kerumunan orang dalam jumlah banyak.

Kepada para panitia sholat Idul Fitri --baik di Masjid maupun lapangan terbuka-- agar mengingatkan para jamaah tetap menjaga protokol kesehatan.

“Memakai masker, membawa sajadah dan sudah berwudlu dari rumah masing- masing sangat disarankan untuk mengurangi risiko terhadap penularan Covid-19,” tambahnya.

Terpopuler