Pemudik Padat dan Lancar di Jalur Lebak

Red: Andi Nur Aminah

Sabtu 30 Apr 2022 00:24 WIB

Pemudik di daerah Lebak, Banten  (ilustrasi) Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas Pemudik di daerah Lebak, Banten (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Pemudik Lebaran 2022 pengguna kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, padat dan berjalan lancar, Jumat (29/4/2022) malam. Sejumlah pemudik kendaraan roda dua dan roda empat tampak memadati Jalan Bypass Soekarno - Hatta Rangkasbitung sejak Jumat sore. Arus kendaraan pemudik terpantau berjalan lancar.

Mereka dari arah Tangerang dan Jakarta menuju wilayah selatan Kabupaten Lebak dan Pandeglang. "Kami merasa senang sudah sampai Rangkasbitung dari Jakarta bertujuan Malingping atau tiga jam lagi perjalanan," kata salah seorang pemudik bersepeda motor, Mulyadi (35) saat beristirahat di posko Mandala Rangkasbitung, Lebak.

Baca Juga

Ia mengatakan bertiga bersama isteri dan anak melakukan perjalanan dari Jakarta pukul 17.00 WIB. Diperkirakan sampai tujuan ke kampung halaman sekitar pukul 24.00 WIB. Ia mengaku, sejak sore, perjalanan lancar dan tidak terjadi kemacetan.

"Kami mengapresiasi pemerintah, membolehkan mudik dengan syarat sudah divaksin booster," katanya.

Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (Rapi) Kabupaten Lebak Babay Imroni mengatakan pihaknya turut membantu untuk melaporkan jika ada kejadian pada arus mudik lebaran tahun ini. Hal itu bertujuan agar membantu kelancaran arus lalu lintas pemudik.

"Jika menerima berita kemacetan arus lalu lintas dan kecelakaan segera melaporkan kepada petugas kepolisian setempat," katanya.

Menurut dia, relawan Rapi Kabupaten Lebak juga membuka posko bantuan komunikasi (Bankom) Operasi Ketupat Maung 2022 dengan posko Mandala. Pihaknya menerjunkan relawan Rapi tersebar di empat lokaliyakni diCimadur, Rangkasbitung, Kalanganyar dan Bayah.

Para relawan Rapi mereka rata-rata 50 anggota mulai dari H-7 sampai H+5. "Kami berharap pemudik kendaraan selamat sampai tujuan dan bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman," katanya.

Sementara itu, petugas kepolisian Posko Mandala Yayat mengatakan selama ini pemudik yang menggunakan kendaraan berjalan lancar dan tidak ada kemacetan. Pihaknya juga meminta pemudik jika kelelahan dan mengantuk maka beristirahat di Posko Mandala.

"Kami mengimbau pemudik kendaraan agar hati-hati karena kondisi jalan banyak tanpa penerangan," katanya.