Puncak Bukan Jalur Mudik, Mengapa Macet Juga?

Red: Reiny Dwinanda

 Jumat 29 Apr 2022 22:15 WIB

Situasi arus lalu lintas di Jalur Puncak, tepatnya di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor pada Sabtu (26/2/2022). Kemacetan biasanya terjadi di jalur Puncak pada menjelang waktu berbuka puasa karena masyarakat ke luar rumah untuk membeli takjil. Foto: Republika/Shabrina Zakaria Situasi arus lalu lintas di Jalur Puncak, tepatnya di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor pada Sabtu (26/2/2022). Kemacetan biasanya terjadi di jalur Puncak pada menjelang waktu berbuka puasa karena masyarakat ke luar rumah untuk membeli takjil.

Kemacetan sempat terjadi di jalur Puncak pada Jumat (29/4/2022) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BOGOR -- Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor, Ipda Ardian, mengungkapkan, kemacetan sempat terjadi di jalur Puncak, tepatnya di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kendaraan sempat mengular sekitar 800 meter pada Jumat (29/4/2022) sore.

"Ini karena banyak yang jualan takjil, jadi arus mau ke atas tersendat karena ada pertemuan dengan kendaraan yang mau berbuka puasa, makanya sedikit macet sekitar 800 meter," ungkapnya ditemui di Pos Pelayanan Terpadu Jalur Puncak, Simpang Gadog, Jumat.

Baca Juga

Ardian mengatakan, seperti yang terjadi pada hari-hari sebelumnya, masyarakat mulai kembali ke rumah masing-masing setelah berbelanja. Arus lalu lintas pun kembali lengang usai ibadah sholat Maghrib.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menilai, kesiapsiagaan harus ditingkatkan pada H+1 hingga H+7 atau selama libur lebaran. Pengaturan harus lebih baik, utamanya di Jalur Puncak.

"Karena Puncak ini kan bukan jalur mudik ya. Tapi banyak lokasi wisata. Jadi kemungkinan setelah Lebaran justru akan terjadi kepadatannya karena banyak warga yang mau berlibur," kata Iwan saat meninjau kesiapan pos pengamanan Operasi Ketupat Lodaya di Simpang Gadog.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X