Jenis-Jenis Kurma Paling Digemari di UEA Selama Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 29 Apr 2022 12:05 WIB

Ilustrasi. Seorang pedagang menjual kurma menjelang bulan suci Ramadhan di Peshawar, Pakistan, 30 Maret 2022. Banyak Muslim mengikuti ajaran Nabi Muhammad (SAW) dan berbuka puasa dengan memakan kurma. Jenis-Jenis Kurma Paling Digemari di UEA Selama Ramadhan Foto:

Lebih dari 1.500 varietas kurma dibudidayakan di seluruh dunia.

Mabroom

Selanjutnya, varietas kurma Mabroom yang dibudidayakan di Arab Saudi, terutama di kota Madinah, juga menjadi pilihan terfavorit. Mabroom memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan kurma Ajwa, namun penampilannya agak kemerahan.

Mabroom dijual dengan harga mulai dari 25 hingga 45 dirham. Mereka relatif kurang manis dibandingkan varietas kurma lainnya dan memiliki rasa yang ringan.

Safawi

Terakhir, jenis kurma yang paling sering dikonsumsi adalah Safawi, yang memiliki warna coklat tua dan tekstur luar yang kering tetapi bagian dalam lembab dan kenyal. Jenis ini sering direndam dalam susu sebelum dikonsumsi dan dibudidayakan di Al Madina Arab Saudi.

Dijual dengan harga antara 20 dan 25 dirham, Safawi populer sebagai oleh-oleh di antara Muslim yang mengunjungi Arab Saudi untuk haji dan umrah. Dengan bentuknya yang lebih besar dan lonjong, Safawi cukup berbeda dari varietas lainnya.

Selain versi kering yang memiliki umur simpan yang lama, ada varietas kurma segar yang dibudidayakan di sebagian besar negara di Timur Tengah. Kurma biasanya matang antara Mei dan Agustus, dimana cabang kurma segar tersedia di semua pasar selama bulan-bulan tersebut.

“Ada beberapa varietas kurma segar yang dibudidayakan di UEA. Selama bulan-bulan musim panas, kami membeli kurma segar dari petani lokal dan menjualnya di toko kami," kata Ibrahim.

https://www.khaleejtimes.com/ramadan/ramadan-2022-in-uae-most-popular-varieties-of-dates-among-residents

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X