Jenis-Jenis Kurma Paling Digemari di UEA Selama Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 29 Apr 2022 12:05 WIB

Ilustrasi. Seorang pedagang menjual kurma menjelang bulan suci Ramadhan di Peshawar, Pakistan, 30 Maret 2022. Banyak Muslim mengikuti ajaran Nabi Muhammad (SAW) dan berbuka puasa dengan memakan kurma. Jenis-Jenis Kurma Paling Digemari di UEA Selama Ramadhan Foto:

Lebih dari 1.500 varietas kurma dibudidayakan di seluruh dunia.

Sukkari

Jenis kurma kedua yang disukai warga UEA adalah Sukkari. Jenis kurma ini ditanam di Arab Saudi dan dikenal dengan rasanya yang sangat manis, serta kulit luarnya yang berwarna keemasan.

Dijual dengan harga sekitar 15 dirham per kilogram, Sukkari adalah salah satu jenis kurma termurah, sekaligus menjadikannya sebagai salah satu varietas favorit untuk hadiah. Dengan kadar air yang tinggi, kurma ini sering digunakan sebagai pengganti gula dan zat gula dalam berbagai makanan penutup karena rasanya yang seperti karamel.

Mejdoul

Di posisi ketiga, kurma jenis Mejdoul menjadi varietas yang paling terkenal karena penampilannya yang lebih besar, berwarna coklat tua dan teksturnya yang kenyal. Awalnya dibudidayakan di Maroko, Mejdoul saat ini tumbuh di beberapa tempat di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat dan Timur Tengah. Mejdoul yang dijual di UEA kebanyakan dibudidayakan di Palestina.

Kurma jenis tersebut dijual dengan harga mulai dari 20 hingga 50 dirham dan dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan seratnya yang tinggi dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan memperbaiki pencernaan. Dengan kandungan potasium dan Vitamin B yang tinggi, Mejdool dikatakan dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi kelelahan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X