Jenis-Jenis Kurma Paling Digemari di UEA Selama Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 29 Apr 2022 12:05 WIB

Ilustrasi. Seorang pedagang menjual kurma menjelang bulan suci Ramadhan di Peshawar, Pakistan, 30 Maret 2022. Banyak Muslim mengikuti ajaran Nabi Muhammad (SAW) dan berbuka puasa dengan memakan kurma. Jenis-Jenis Kurma Paling Digemari di UEA Selama Ramadhan Foto: EPA-EFE/BILAWAL ARBAB Ilustrasi. Seorang pedagang menjual kurma menjelang bulan suci Ramadhan di Peshawar, Pakistan, 30 Maret 2022. Banyak Muslim mengikuti ajaran Nabi Muhammad (SAW) dan berbuka puasa dengan memakan kurma. Jenis-Jenis Kurma Paling Digemari di UEA Selama Ramadhan

Lebih dari 1.500 varietas kurma dibudidayakan di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Buah kurma merupakan kudapan populer di seluruh Timur Tengah, terutama saat bulan suci Ramadhan. Dalam tradisi Islam, Nabi Muhammad SAW merekomendasikan kurma sebagai cara yang disukai untuk berbuka puasa dan mengakibatkan penjualan kurma melambung tinggi.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang buah tersebut, Khaleej Times bertemu dengan Ibrahim Abdul Rahman atau yang ramai dikenal sebagai 'Arbaab' kurma di pasar Sharjah Jubail. Ibrahim telah menjual kurma selama lebih dari 32 tahun.

Baca Juga

Hingga saat ini, diketahui lebih dari 1.500 varietas kurma dibudidayakan di seluruh dunia. Ia pun memaparkan jenis kurma mana yang paling populer di UEA.

Ajwa

Posisi tertinggi ditempati oleh kurma Ajwa, yang tumbuh secara eksklusif di Madinah. Jenis kurma tersebut diberi harga mulai dari 35 hingga 75 dirham per kilogram, dengan beberapa orang meyakini ia memiliki banyak khasiat obat.

Kurma Ajwa ditandai dengan warnanya yang coklat tua dan memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Menurut Ibrahim, beberapa pembeli bahkan disarankan oleh dokter untuk mengekstrak biji kurmanya, mengeringkannya, lantas dioleh menjadi serbuk dan dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, kurma ini juga diyakini mampu mengurangi sembelit dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X