Sekolah di Lancashire Ajak Murid dan Staf Non-Muslim Berpuasa Satu Hari

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 28 Apr 2022 13:47 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Sekolah di Lancashire Ajak Murid dan Staf Non-Muslim Berpuasa Satu Hari Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Sekolah di Lancashire Ajak Murid dan Staf Non-Muslim Berpuasa Satu Hari

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Staf dan murid di sekolah Lancashire ikut berpuasa selama satu hari di bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan mereka terhadap rekan-rekan Muslim.

 

Baca Juga

Inisiatif di Darwen Aldridge Enterprise Studio School disarankan oleh guru sains Qasim Hussain yang senang melihat banyak orang bergabung dengan puasa Ramadhan. “Atas permintaan, tahun ini terbuka untuk siswa kelas 9-11 untuk berpartisipasi. Saya menyediakan paket makanan untuk semua peserta yang terdiri dari pembuka, menu utama, dan penutup,” kata Hussain kepada Lancashire Telegraph dilansir dari About Islam, Kamis (28/4). 

 

Ramadhan adalah bulan suci puasa  ketika umat Islam menghindari semua makanan dan minuman antara matahari terbit dan terbenam. Selain itu, mereka juga didorong untuk meningkatkan amal dan perbuatan baik.

 

“Karena Ramadhan adalah bulan memberi, dewan sekolah memutuskan untuk mengumpulkan uang untuk amal. Kami sebagai sekolah secara kolektif mengumpulkan 150 poundsterling untuk membangun pompa air tangan untuk badan amal GRT (Global Relief Trust),” katanya.

 

 

 

Pengalaman berpuasa selama satu hari itu unik bagi banyak orang, seperti yang dikatakan salah satu staf, “Saya merasa baik-baik saja; itu bukan makanan yang saya lewatkan, itu adalah minuman saya!”

 

“Saya tidak sabar untuk minum kopi nanti. Hari ini tidak hanya memberi saya pemahaman yang lebih besar tentang apa yang dialami teman, kolega, dan siswa Muslim saya setiap tahun, tetapi pada saat yang sama menghargai betapa diberkatinya kita memiliki semua hal yang kita butuhkan seperti air bersih dan makanan. Selamat Ramadhan untuk semua.”

 

Yang lain berkomentar: “Saya merasa seperti kismis, saya sangat dehidrasi. Seluruh rasa hormat saya untuk setiap Muslim yang berpuasa, disiplin diri dan motivasi yang Anda semua harus miliki luar biasa.”

 

“Saya akan melakukannya lagi, tetapi lain kali saya akan minum beberapa liter air ekstra untuk membuat saya menjalani hari.”

 

“Pengalaman yang benar-benar fantastis. Terima kasih Qasim dan keluarga sudah menyiapkan paket makanan berbuka puasa untuk kita semua. Tuhan memberkati."

 

Yang ketiga menambahkan: “Saya memiliki waktu untuk berpikir dan merenungkan pengalaman saya dan apa yang dialami Muslim setiap tahun selama bulan yang diberkahi ini dan seberapa banyak siswa yang mereka miliki dan seberapa kuat mereka memenuhi perintah dalam Alquran. ”

 

Di Inggris, adalah hal umum untuk menemukan non-Muslim berpuasa dengan sesama Muslim selama Ramadhan untuk menunjukkan dukungan dan solidaritas.

 

Selama bertahun-tahun, badan amal komunitas Blackburn One Voice telah mengundang non-Muslim untuk berpuasa selama satu hari dalam tantangan tahunan bertema  "Saya bukan Muslim tetapi saya akan berpuasa selama satu hari."