Roti Pide, Makanan Tradisional Turki yang Lezat untuk Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 28 Apr 2022 05:05 WIB

Pembuatan roti pide tradisional di Turki. Roti pide adalah roti pipih khas Turki yang dibuat dengan tepung terigu dan ragi yang dapat ditemukan sepanjang tahun di beberapa toko roti. Namun, menurut para ahli, roti pide dibuat dengan tepung berkualitas tinggi dan lebih istimewa saat Ramadhan. Roti Pide, Makanan Tradisional Turki yang Lezat untuk Ramadhan Foto: TRTWorld/Melis Alemdar Pembuatan roti pide tradisional di Turki. Roti pide adalah roti pipih khas Turki yang dibuat dengan tepung terigu dan ragi yang dapat ditemukan sepanjang tahun di beberapa toko roti. Namun, menurut para ahli, roti pide dibuat dengan tepung berkualitas tinggi dan lebih istimewa saat Ramadhan. Roti Pide, Makanan Tradisional Turki yang Lezat untuk Ramadhan

Pide lebih merupakan pemandangan umum selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Roti pide adalah roti pipih khas Turki yang dibuat dengan tepung terigu dan ragi yang dapat ditemukan sepanjang tahun di beberapa toko roti. Namun, menurut para ahli, roti pide dibuat dengan tepung berkualitas tinggi dan lebih istimewa saat Ramadhan.

“Yah, Anda juga bisa mendapatkan pide di bulan-bulan selain Ramadhan,” kata pemilik Bayraktar Firini di Beyoglu, Ercan Bayraktar, yang merupakan pembuat roti generasi ketiga, dilansir dari Turkish Radio and Television (TRT World), Senin (25/4/2022).

Baca Juga

“Tapi pide yang didapat di bulan Ramadhan itu istimewa, tepungnya lebih berkualitas. Ini adalah tepung terigu yang lebih menyerap air. Baunya berbeda saat dipanggang," tambahnya.

Ketika ditanya lebih detail tentang tepung pide Ramadhan, Bayraktar mengatakan pabrik tepung mulai menyiapkan tepung berkualitas khusus ini berbulan-bulan sebelumnya. “Produksi Ramadhan pide sama 20 tahun yang lalu, atau bahkan di masa kecil saya, seperti sekarang ini,” tambahnya.

Bayraktar mengatakan toko roti kecil yang terletak di Balik Pazari (pasar ikan) di distrik Beyoglu Istanbul itu telah ada setidaknya selama 100 tahun. “Kami tidak tahu pasti kapan tepatnya didirikan. Tetapi itu mungkin beberapa dekade lalu," katanya.

Baker Rahmi Burman di Bayraktar Firini mengatakan pide Ramadhan akan menempel jika mereka tidak menggunakan sekam gandum untuk memisahkannya dari sekop kayu yang mereka gunakan untuk menempatkan pide ke dalam oven bata.

"Pide Ramadhan disiapkan di lantai atas di area produksi yang terlihat seperti surga dalam warna putih, di bawah lampu neon di atas ubin putih dan dilapisi tepung, adalah sesuatu yang istimewa," kata pekerja Izzet Boz.

Dia meringkas apa yang membuatnya istimewa dengan satu kata: “Sifa [penyembuhan].”  Aydin Ozleyen, rekannya, sedikit lebih terbuka: “Ini tepung berkualitas,” katanya.

Sejarawan makanan Nazli Piskin menegaskan di Istanbul, pide lebih merupakan pemandangan umum selama Ramadhan. Tetapi makanan itu juga ada di luar bulan suci umat Islam.

“Namun jika kita ingin melihat Anatolia, pide dimakan sepanjang tahun," tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X