Ramadhan Bulan Syukur

Red: Ani Nursalikah

Selasa 26 Apr 2022 04:55 WIB

Ramadhan Bulan Syukur Foto:

1

Di bulan ini, kita wajib bergembira dan bersyukur dengan melakukan kewajiban puasa, tadarus Al-Qur’an, memperbanyak ibadah-ibadah sunnat khususnya shalat tarawih dan witir dan amal shalih khususnya infaq atau sedekah, memberi makan sahur, memberi bukaan puasa dan lainnya.

Selain itu, kita wajib bersyukur dengan cara meninggalkan segala maksiat baik berupa maksiat hati, ucapan maupun perbuatan di setiap waktu khususnya di bulan Ramadhan sebagai bulan suci dan bulan taqwa.

Rasulullah saw bersabda, “Pada bulan Ramadhan pintu-pintu neraka ditutup, pintu-pintu surga dibuka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Kemudian ada seorang malaikat penyeru yang memanggil: “Wahai pencari kebaikan, “bergembiralah!” dan wahai para pencari kejahatan, “berhentilah!” sampai bulan Ramadhan berakhir.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i).

Bersyukurlah kita dipertemukan dengan Ramadhan kali ini. Berapa banyak saudara kita termasuk keluarga yang kita cintai yang ingin dan berharap bertemu dengan bulan Ramadhan kali ini agar dapat melakukan ibadah puasa, tadarus Al-Qur’an, shalat tarawih dan witir, namun Allah ta’ala tidak mengizinkannya karena telah memanggilnya terlebih dahulu sebelum kedatangan Ramadhan.

Begitu pula berapa banyak orang sakit di bulan Ramadhan ini termasuk keluarga dan saudara-saudara yang kita cintai, sehingga mereka tidak bisa menjalankan ibadah puasa, tadarus Al-Qur’an, shalat Tarawih dan witir di bulan Ramadhan kali ini.

Ramadhan yang lalu, mereka masih bisa berpuasa, bertadarus Al-Qur’an, shalat Tarawih dan Witir bersama kita. Namun hari ini mereka tidak bisa melakukan ibadah tersebut karena telah meninggal dunia atau sakit. Jadi, kita termasuk hamba-hamba Allah ta’ala yang terpilih untuk bertemu dengan Ramadhan kali ini.

Maka bersyukurlah kita dengan dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Ternyata Allah masih sayang kepada kita. Bisa jadi, Allah ta’ala mempertemukan kita dengan Ramadhan ini karena masih banyak kekurangan dan kelalaian kita kita dalam beribadah dan beranal shalih pada Ramadhan tahun lalu.

Ramadhan tahun ini merupakan kesempatan kita yang diberikan oleh Allah ta’ala untuk memperbaikinya kekurangan tersebut sehingga kita dapat meraih berbagai keutamaan Ramadhan. Oleh karena itu, Allah ta’ala telah mempertemukan kita dengan Ramadhan tahun ini.