10 Hari Terakhir Ramadhan, Apa yang Harus Dilakukan?

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 26 Apr 2022 00:35 WIB

Umat muslim membaca Alquran (tadarus) saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1443 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Sabtu (23/4/2022) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura Foto:

Berniat untuk mendapatkan lailatul qadar bahkan membuat kita mendapatkan pahala.

Apa yang harus dilakukan untuk meraih lailatul qadar?

1. Baca Alquran, dalam bahasa Arab atau terjemahan Alquran

2. Siapkan beberapa jenis sedekah, memberikan sesuatu selama sepuluh hari ini. Ada berbagai aplikasi dan sistem yang berbeda secara online di mana Anda dapat mempercepat pemberian amal dan zakat

3. Cobalah untuk bangun pada sepertiga malam terakhir, membaca Alquran dan kisah tentang Nabi Muhammad

4. Cobalah mempelajari sesuatu yang baru pada malam-malam itu. Bayangkan Anda memiliki malam dan Anda belajar sepuluh hal baru. Mungkin Anda belajar satu kata atau satu baris Alquran pada malam-malam itu.

5. Berusahalah untuk berdzikir sebanyak mungkin, mengingat Allah sepanjang waktu dan berpikir tentang Allah dan membangun cinta Anda kepada Allah. Nabi Muhammad memberi tahu kita bahwa yang paling dekat kita dengan Tuhan kita adalah dalam sujud, jadi mohon dan mintalah pada saat itu.

Ketika Anda melakukan qiyamu lail, sunnahnya adalah sholat delapan rakaat, berdoa dalam sujud, berdzikir, lebih dekat dengan Tuhan Anda pada malam-malam yang menakjubkan ini.

https://aboutislam.net/reading-islam/living-islam/5-essential-tips-to-maximize-the-last-10-days-of-ramadan/

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X