Pantau Arus Mudik, RRI Hadirkan Beranda Nusantara

Red: Muhammad Hafil

 Senin 25 Apr 2022 08:43 WIB

 Pantau Arus Mudik, RRI Hadirkan Beranda Nusantara. Foto:  Logo Radio Republik Indonesia Foto: RRI Pantau Arus Mudik, RRI Hadirkan Beranda Nusantara. Foto: Logo Radio Republik Indonesia

Beranda Nusantara merupakan program RRI memantau arus mudik.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Mudik lebaran tahun ini disambut antusias oleh masyarakat. Ini karena, dalam dua tahun ke belakang mudik dilarang akibat pandemi covid-19.

Menurut data yang dikeluarkan Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia dalam Diskusi Agenda Setting 22 April 2022 yang lalu, untuk tahun 2022 ini jumlah pemudik tertinggi adalah berasal dari Provinsi Jawa Tengah, diikuti posisi kedua oleh Provinsi Jawa Timur yang diikuti beberapa provinsi lainnya. 

Baca Juga

Tentu saja arus mudik tahun ini menjadi perhatian penting. Mengingat kondisi pandemi yang diharapkan tetap bisa dikawal dengan  baik, tidak terjadi lonjakan angka penularan pasca mudik. 

Pemerintah jauh-jauh hari sudah  mensyaratkan vaksin Booster agar mudik bisa berjalan baik. Dari sisi ekonomi, pulangnya para pemudik ke kampung halaman membawa harapan perpuataran uang yang cukup besar.

Akan besar maknanya dalam upaya memulihkan ekonomi pasca hantaman pandemi. Sementara menurut perkiraan Kementerian Perhubungan, akan ada pergerakan manusia sejumlah  85,5 juta orang yang akan  melakukan mudik.

Tentu hal ini  mensyaratkan adanya kondisi kesiapan infrastruktur jalan dan berbagai moda transportasi yang mendukung.  Kesiapan aparat keamanan pun menjadi syarat berikutnya agar mudik tahun ini benar  kiranya akan menjadi mudik yang  asik dan aman . Siapkah kita  menghadapi moment besar ini ?   

Untuk memberikan informasi yg komprehensif  tentang  kesiapan menyambut  kegiatan Mudik  Lebaran 2022, RRI kembali  menghadirkan Beranda Nusantara, sebuah program Dialog Interaktif  yang akan membahas topik Mudik Asik Lebaran Aman ini secara komprehensif  yang akan berlangsung pada  Senin (25/4/2022) 25 mulai pukul 10.00 WIB sampai 11.30 WIB.  Acara ini menghadirkan beberapa  orang narasumber. Yakni:

1. Juru bicara Kemenhub RI Adita Irawati 

2. Juru bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi 

3. Karopenmas Mabes POLRI, Brigjen Pol  Ahmad Ramadhan 

4. Ekonom - Aviliani

5. Sosiolog - Imam Prasojo 

Dialog Interaktif  Beranda Nusantara#3 ini akan disiarkan berjaringan secara nasional pada Programa 3 RRI di seluruh Indonesia. Rangkaian Kegiatan Dialog Interaktif ini akan  ditutup dengan pelepasan  Tim Liputan Arus Mudik dan Balik RRI 2022 di Plaza RRI yang akan memantau dan mengabarkan pada pubik aktivitas para pemudik di berbagai jalur mudik yang ada, khususnya di pulau Jawa. 

Radio Republik Indonesia adalah pionir dalam pantauan arus mudik dan balik Lebaran dan Idul Fitri di tanah air.  Sejak tahun 2010 RRI tidak pernah absen memantau pergerakan pemudik, kesiapan jalan dan infrastruktur lainnya dan seba serbi para pemudik serta berbagai peristiwa  selama arus balik . Setelah dua tahun absen melakukan pantauan karena mudik dilarang  akibat  meningkatnya sebaran virus covid 19 pada 2020 dan 2021, maka tahun  ini ketika pandemi semakin terkendali dan aktivitas  mudik sudah  diijinkan, RRI kembali melakukan pantauan arus mudik dan balik Lebaran 2022. 

Menurut Direktur Utama LPP RRI  Hendrasmo, yang menjadi perhatian RRI dalam liputan mudik dan balik lebaran tahun  ini adalah  apakah orkestrasi berbagai elemen pemerintah  dalam aktivitas mudik ini direspon publik dengan kepedulian dan kepatuhan  terhadap berbagai aturan dan sarana publik yang sudah disiapkan. Sehingga target mudik asik lebaran aman tahun ini bisa tercapai.   

"Selain itu dalam liputan dan sebaran  informasi  mudik dan balik 2022 tahun ini, RRI berinovasi dengan  menghadirkan microsite program mudik,  sebuah  content program dan event yang berlangsung selama bulan  Ramadhan dan aktivitas di berbagai jalur  mudik lebaran tahun ini yang bisa menjadi panduan bagi para pemudik, yang bisa diakses publik dengan meng- click www.MudikAsik.com," kata Hendrasmo.

"Diharapkan RRI bisa berkontribusi besar dalam  upaya pemerintah  dalam  mengorkestrasikan elemen pendukung aktivitas mudik lebaran 2022 ini," tambah Hendrasmo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X